Menu

Pilkada Sumbar, Diusung PKS, 12 Calon Kada Terima SK

  Dibaca : 242 kali
Pilkada Sumbar, Diusung PKS, 12 Calon Kada Terima SK
RAKOR— Para calon kepala daerah yang diusung PKS berfoto bersama saat Rakor Nasional Pemenangan Pilkada Serentak 2020 di Hotel Grand Inna Padang, Sabtu (29/8).

GEREJA, METRO
DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumatera Barat melaksanakan Rapat Koordinasi Nasional Pemenangan Pilkada Serentak 2020 di Hotel Grand Inna Padang, Sabtu (29/8). Kegiatan tersebut dilaksanakan secara nasional dan serentak oleh seluruh DPW PKS se-Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut, selain melakukan konsolidasi pemenangan Pilkada 2020, PKS secara nasional juga akan melakukan penandatanganan pakta integritas terhadap seluruh calon kepala daerah (kada) yang diusung oleh PKS sekaligus penyerahan formulir B1. KWK dari parpol.

Dalam helatan Pilkada 2020 kali ini, dari 14 pilkada, baru 12 SK yg sudah fix. Adapun dua daerah lagi, Pasaman dan Limapuluh Kota masih dalam proses. Sejauh ini ada sembilan kader terbaik PKS yang akan maju di pilgub dan pilkada kabupaten/kota.

Diantaranya Mahyeldi dan Audy Joinaldy untuk calon Gubernur dan Wagub Sumatera Barat, Trinda Farhan-Kasni (Agam), Hendri Susanto-Indra Gunalan (Sijunjung), Refrizal-Happy Neldy (Padangpariaman), Herman Syafar-Marfendi (Bukittinggi), Zuldafri Darma-Sultani (Tanah Datar), Desra Ediwan-Adli (Kabupaten Solok), Hendra Joni-Hamdanus (Pesisir Selatan) dan Hamsuardi-Risnawanto (Pasaman Barat).

Sementara itu, di beberapa kabupaten dan kota, PKS juga ikut mendukung beberapa kandidat kepala daerah. Seperti di Dharmasraya, PKS mendukung incumbent Wabup Amrizal Dt Rajo Perak-Herman, Kota Solok PKS memberi dukungan kepada incumbent Wako Zul Elfian-Dhani. Kemudian di Solok Selatan, PKS memberi dukungan pada Abdul Rahman-Rosman. Abdul Rahman saat ini menjabat Wakil Bupati Solsel.

Ketua DPW PKS Sumbar, Irsyad Syafar mengatakan, terkait koalisi partai di pilkada kali ini, secara umum PKS tidak membatasi ruang, sehingga berkoalisi dengan berbagai partai, sesuai komunikasi dan dinamika politik yang berkembang di daerah tersebut.

“Yang penting sekali kita berusaha untuk menseleksi baik dari internal PKS dan Eksternal, calon yang benar-benar bisa memimpin dengan sepenuh hati, amanah, memiliki kapasitas dan bisa memajukan pembangunan di daerahnya dalam berbagai sektor,” ujar Irsyad.

Presiden PKS, M Sohibul Iman mengatakan dari 270 pilkada yang dilaksanakan di Indonesia, baik daerah maupun provinsi, PKS mengikuti di 230 pilkada. Dari 230 pilkada tersebut, ternyata ada 15 pilkada, dimana PKS tidak memiliki kursi di legislatif.

Sohibul mengungkapkan bahwa PKS akan mendukung pasangan calon (paslon) yang sudah ditetapkan.” Sekali pimpinan menetapkan, seluruh kader dan struktur dibawah akan memperjuangkan apa yang menjadi keputusan tersebut. Oleh sebab itu, kepada paslon jangan khawatir, kader dan struktur PKS akan berjuang sekuat tenaga,” tegasnya.

Sohibul mengingatkan kepada paslon, agar setelah mendaftar ke KPU, untuk membuat tim sukses, Sebab menyatukan elemen-elemen pengusung dan pendukung, bukan perkara yang mudah, karena membutuhkan waktu yang tidak pendek.

Ia menjelaskan, ada lima spirit yang harus dipegang dan dijaga untuk memenangkan pilkada serentak. yaitu, ruh integritas, ruh militansi, ruh soliditas, ruh keberpihakan, dan ruh kreatifitas. (uki)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional