Menu

Pilkada Kabupaten Sijunjung, 4 Pasang Bacalon Digadangkan Saling Berebut Suara

  Dibaca : 690 kali
Pilkada Kabupaten Sijunjung, 4 Pasang Bacalon Digadangkan Saling Berebut Suara
DEKLARASI SUKSESKAN PILKADA— Bupati Yuswir Arifin bersama KPU Sijunjung dan Fokopimda melakukan deklarasi untuk sukseskan Pilkada Serentak 2020 yang akan dihelat pada 9 Desember mendatang di Kabupaten Sijunjung.

SIJUNJUNG, METRO
Perhelatan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Sijunjung tinggal hitungan bulan. Sejumlah tahapan dan proses jelang pemilihan hingga kini tengah bergulir ditingkat penyelenggara pemilu yaitu, KPU dan Bawaslu Sijunjung yang barus saja melakukan proses verifikasi faktual terhadap dukungan calon yang maju lewat jalur perseorangan.

Seiring dengan itu, proses lobi-melobi di tingkat partai politik juga sedang berlangsung untuk menentukan pasangan calon yang akan diusung, serta koalisi partai politik. Setidaknya, ada perbedaan pada Pilkada Sijunjung kali ini dibanding sebelumnya untuk mencari pasangan yang paling tepat memimpin Sijunjung periode selanjutnya.

Salah satunya pasangan calon yang maju lewat jalur perseorangan atau tanpa partai politik melainkan dukungan langsung dari masyarakat, yaitu pasangan Endre Saifoel dan Nasrul Cun merupakan calon yang pertama kali memilih jalur tersebut pada Pilkada Sijunjung.

Selain itu, berkemungkinan sebanyak empat pasang calon yang akan maju pada pemilihan bupati dan wakil bupati Sijunjung nanti. Tiga pasang calon maju lewat partai politik dan satu lewat jalur perseorangan.

Pasangan calon yang digadan-gadangkan akan maju tersebut diantaranya, Benny Dwifa Yuswir dan Irradatilah yang telah mendeklarasikan pasangan dan telah mengantongi izin dari DPP PPP untuk diusung maju sebagai calon bupati dan wakil bupati Sijunjung.

Selanjutnya, pasangan Ashelfine dan Sarikal. Ashelfine yang kini menjabat sebagai Ketua DPD PAN Kabupaten Sijunjung disebut akan kembali maju di Pilkada mendatang. Partai PAN yang kini memiliki tiga kursi di DPRD Sijunjung masih pada tahap lobi untuk mencari tiga kursi lagi agar bisa mengusung pasangan tersebut. Karena untuk mengusung pasangan calon harus mendapatkan enam kursi di DPRD Sijunjung.

Kemudian, pasangan Arrival Boy dan Mendro Suharman. Arrival Boy yang kini menjabat sebagai wakil bupati Sijunjung dan sekaligus Ketua DPD Golkar Sijunjung juga telah menyatakan diri untuk maju di Pilkada mendatang. Bahkan informasi koalisi Golkar dan Gerindra telah menyebar luas. Dengan memiliki total tujuh kursi di DPRD Sijunjung pasangan calon itu sudah bisa melenggang untuk mendaftar di KPU Sijunjung sebagai calon bupati dan wakil bupati.

”Insyaallah saya akan maju dengan bapak Mendro Suharman, dengan koalisi Golkar dan Gerindra. Namun, hingga kini prosesnya masih berlangsung. Termasuk komunikasi pembentukan koalisi parpol yang mendukung,” tutur Arrival Boy, Rabu (15/7).

Sebelumnya, Ketua DPC PPP Sijunjung, Alpian Kasir membenarkan bahwa PPP Sijunjung mengusung pasangan Benny Dwifa Yuswir dan Irradatilah untuk maju di Pilkada nanti.

”Iya, surat dari DPP sudah keluar pada Jumat kemarin. Surat dengan model B1 KWK itu resmi mengatakan untuk mengusung pasangan Benny Dwifa Yuswir dan Irradatilah untuk maju sebagai calon bupati dan wakil bupati Sijunjung,” tutur Ketua DPC PPP Alpian Kasir saat dihubungi, beberapa waktu lalu.

Meski demikian, proses ditingkat partai politik terus bergulir. Seiring dengan itu tahapan pelaksanaan Pilkada pun terus berjalan. Hingga tiba pada waktunya nanti masing-masing pasangan calon yang benar-benar siap akan melakukan pendaftaran ke KPU Sijunjung pada tanggal 4-6 September mendatang. (ndo)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional