Menu

Pilkada di Sumbar Berjalan Aman dan Lancar, Kapolda Minta Seluruh Paslon Lapang Dada

  Dibaca : 145 kali
Pilkada di Sumbar Berjalan Aman dan Lancar, Kapolda Minta Seluruh Paslon Lapang Dada
PENGECEKAN— Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto melakukan pengecekan ke beberapa TPS di Kota Padang dan Kabupaten Pesisir Selatan, Rabu (9/12).

PADANG, METRO
Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto memastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di wilayah hukumnya berjalan aman dan lancar tanpa ada gangguan.

Selain itu dipastikan aman, dari hasil pengawasan oleh jajaran Polda Sumbar, di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) telah menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan penyebaran Covid-19 yang ketat.

“Sampai saat ini belum ada satupun persoalan pelaksanaan pemungutan suara Pilkada. Kami berharap semuanya juga aman, lancar, (Pilkada) bisa selesai tepat pada waktunya,” kata Kapolda Sumbar Irjenpol Toni Harmanto kepada wartawan saat peninjauan TPS di Kota Padang, Rabu (9/12)

Dijelaskan Irjen Pol Toni, berdasarkan hasil pengecekan di beberapa TPS di Kota Padang, pelaksanaan pemungutan suara berjalan dengan aman. Pemahaman petugas KPPS terkait penerapan protokol kesehatan juga sangat baik.

“Bagus semua saya lihat pelaksanaannya. Penerapan protokol kesehatan sudah berjalan. Petugas-petugasnya saya lihat sudah paham semua atas tugas-tugas pekerjaan yang akan dikerjakan,” ujar Toni.

Irjen Pol Toni menambahkan, setelah mengecek TPS di Kota Padang, selanjutnya ia akan mengecek langsung ke TPS di Kabupaten Pesisir Selatan. Pengecekan di kabupaten tersebut, lantaran pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 pernah terjadi kebakaran yang mengakibatkan surat suara terbakar.

“Di sana karena pernah ada peta masalah tahun 2019 lalu pada Pilpres. Saya coba menyakinkan saja, lihat langsung ke sana (Pesisir Selatan). Kalau dari laporan-laporan sampai sekarang masih aman dan lancar,” ungkap Irjen Pol Toni.

Lantaran pemungutan suara sudah selesai dan masuk dalam tahapan perhitungan suara, Irjen Pol Toni berpesan kepada seluruh pasangan calon (paslon) yang mengikuti kontestasi Pilkada untuk menerima dengan lapang dada hasil dari pemungutan suara.

“Para paslon harus bersama-sama menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif. Sebelumnya sudah ada deklarasi damai yang sudah disepakati dari awal. “Pilkada Badunsanak”, yang mana deklarasinya paslon siap menang atau kalah. Saya pikir harus tetap besar hati siapapun menang, siapapun kalah, semuanya sudah melalui proses,” tutupnya. (rgr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional