Menu

Pilkada Aman dan Damai bersama Satlinmas

  Dibaca : 1162 kali
Pilkada Aman dan Damai bersama Satlinmas
Kepala BPTD Wilayah III Provinsi Sumbar, Deny Kusdyana didampingi Kepala Dishub Provinsi Sumbar, Heri Nofiardi meninjau lukisan mural di halte Bus Trans Padang di kawasan Simpang Gia Tabing Padang, yang dilaksanakan komunitas artis mural di Kota Padang, Jumat (18/9).
Satpol PP Sumbar - web

Satpol PP Sumbar menggelar rapat dan sosialisasi inventarisasi Satlinmas dalam melaksanakan Tibum dan Tranmas dan keamanan lingkungan menjelang Pilkada serentak 2015.

PADANG, METRO–Selain mengawal tugas pokok dan fungsinya ketertiban umum, ketentraman masyarakat dan perlindungan masyarakat, Satlinmas juga bertugas sebagai pengamanan Pilkada 2015. Dalam hal ini, Satlinmas akan bekerjasama dengan Satpol PP yang siap mewujudkan Pilkada aman dan damai.

Kabid Linmas Satpol PP Sumbar Satlinmas, Noviarman SH MBA mengatakan, selain dari tugas pokok dan fungsi di atas Satlinmas juga membantu pengamanan Pilkada, sesuai dengan Permendagri No. 10/2009 serta Peraturan KPU No 3/2015 menyebutkan, bahwa pengerahan Satlinmas dalam membantu penanganan keamanan, ketentraman, ketertiban pemilihan umum, lebih lanjut banwa Satlinmas ditempatkan untuk membantu keamanan pada saat pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Katanya, hal ini diupayakan untuk membantu pihak keamanan aparatur negara yaitu Polri bersama Pol PP dalam menjaga keamanan demi tercapainya Pilkada yang yang aman dan damai. Tahun 2015 sendiri di Sumbar akan dilaksanakan Pilkada Serentak di Sumbar antara lain Pemilihan Gubernur Sumbar dan pemilihan bupati/walikota di 13 daerah kabupaten dan kota di Sumbar.

Melihat dari kondisi ini akan banyak sekali gejolak-gejolak persaingan yang terasa menjelang Pilkada tersebut. Oleh karena itu sangat perlulah kesiapan dari Satlinmas dalam mengantisipasi serta intelijensi kemungkinan-kemungkinan terjadinya gejolak yang lebih besar dengan secara cepat dan sinergis melaporkan kepada pihak keamanan terkait.

Dalam kesiapan Satpol PP se-Sumbar sebutnya, telah dilakukan pendataan secara berkala dan berkelanjutan kepada seluruh anggota Linmas yang akan terjun dalam pengamanan di TPS pada waktu pemilu kada serentak di Sumbar.  Kesiapan Satlinmas dalam menjaga Pilkada serentak tahun 2015 dengan menempatkan 25.112 personel diharapakan pelaksanaan Pilkada serentak tersebut dapat berjalan aman dan lancar sampai kepada pelantikan kepala daerah yang baru.

Dalam rangka persiapan tersebut Satpol PP memberikan pembinaan kepada kecamatan, nagari, desa, kelurahan untuk menindaklanjuti pembinaan tersebut kepada anggota-anggota Linmas yang ada di lingkungannya masing-masing, pembekalan-pembekalan tersebut yang menjadi standar operasional bagi anggota-anggota linmas dalam melaksanakan tugas mereka.

Pembinaan dengan melakukan rapat koordinasi dengan Kasatpol PP unit pelaksana kecamatan se Sumbar merupakan tahap langkah Satpol PP Sumbar dalam penyamaan persepsi dan koordinasi sampai kepada tingkat Pemerintahan terendah.

“Diharapkan kepada Kasatpol PP Unit Pelaksana Kecamatan yang secara ex oficio dipegang Kasi Trantib kecamatan menindaklanjuti serta dapat memahami juga tugas-tugas dari Satlinmas. Langkah ini dilakukan agar terjadinya kesamaan persepsi serta memperjelas dalam pelaksanaan tugas di lapangan dalam pengerahan tugas Satlinmas pada pelaksanaan Pilada serentak 2015 di Sumbar,” sebutnya baru-baru ini.

Keaadaan dinamis dimana warga masyarakat  disiapkan dan dibekali pengetahuan dan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial masyarakat lainnya.

Noviarman menjelaskan, Satlinmas adalah Organisasi yang dibentuk oleh Pemerintah Nagari, Desa, Kelurahan dan beranggotan warga  masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, dan kegiatan sosial kemasyarakatan.

Sesuai Permendagri No 84 Tahun 2014 tentang penyelenggaraan Linmas sejalan dengan telah diamanatkan dalam PP No 6 Tahun 2010 tentang Satpol PP dan Pasal 19 Permendagri No 40 tahun 2011 tentang Pedoman SOTK Satpol PP.

“Upaya penyelenggaraan ketentraman masyarakat, dan ketertiban umum perlu direalisasikan di Sumbar, dengan berpedoman kepada peraturan yang berlaku dengan telah dikeluarkannya Permendagri No 84/2014 tentang penyelenggaraan Linmas maka sangat membantu daerah dalam upaya menciptakan sinergisitas Satlinmas dalam berperan dalam upaya menciptakan masyarakat yang aman tentram dalam bentuk upaya bela negara yang diwadahi oleh Linmas yang dilakukan pembinaan oleh Satpol PP,” jelasnya.(boy)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional