Menu

Pilkada 2020, Tanahdatar Nihil Calon Indepeden

  Dibaca : 545 kali
Pilkada 2020, Tanahdatar Nihil Calon Indepeden
Pilkada 2020, Tanahdatar Nihil Calon Indepeden

TANAHDATAR, METRO
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanahdatar tidak ada menerima berkas pendaftaran syarat dukungan untuk calon Bupati dan Wakil Bupati lewat jalur perseorangan atau independen.

“Sejak dibuka tanggal 19 Februari sampai batas akhir pendaftaran pada Minggu (23/2) hingga pukul 00.00 WIB, tidak ada calon perseorang yang mendaftar,” ucap Ketua KPU Tanahdatar Fahrul Rozi di Pagaruyung, Senin (24/2).

Pendaftaran di hari terakhir hingga tengah malam, komisioner lainnya Erlonadi, Tomas Hendriko, Fitri Yanti, dan Henni Sari, serta staf masih berjaga di kantor KPU Tanah Datar. Begitu juga halnya dari anggota Bawaslu Tanahdatar juga ikut mengawasi tahapan pendaftaran.

Fahrul Rozi menyampaikan jumlah dukungan yang dibutuhkan untuk calon perseorangan paling rendah sebanyak 23.513 dan tersebar paling rendah di delapan kecamatan di Kabupaten Tanahdatar.

Disebutkan, bakal pasangan calon harus menyerahkan surat pernyataan dukungan dengan menggunakan formulir Model B.1-KWK Perseorangan yang disusun secara sistematis dan dikelompokkan berdasarkan nagari serta wajib memasukkan data pendukung melalui Sistem Informasi Pencalonan (SILON) yang dapat diunduh pada laman kpu-tanahdatarkab.go.id.

Sementara itu, Pemerhati Politik Tanahdatar Basrizal Datuk Pangulu Basa menyebut tidak adanya bakal calon perseorangan yang mendaftar bisa jadi karena belum pernah ada yang mencoba, kurang nyali, kurang modal sosial atau jaringan dan bisa juga kurang dana.

“Pilihan maju sebagai bakal calon kepala daerah lewat jalur partai politik mesti dipahami sebagai bentuk kepercayaan, apresiasi dan penguatan parpol dan demokrasi,” ujar Basrizal. (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional