Menu

Pilgub, Tahapan Verifikasi Faktual

  Dibaca : 601 kali
Pilgub, Tahapan Verifikasi Faktual
Pilgub, Tahapan Verifikasi Faktual

PADANG, METRO
Tahapan pencalonan perseorangan atau independen untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Barat (Sumbar) 2020 masuk tahap verifikasi faktual. Saat ini, petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah mulai mendatangi masing-masing rumah para pendukung Pasangan Calon (Paslon).

Diketahui, paslon independen yang telah menyerahkan dan satu-satunya paslon independen yang lolos hingga tahapan verifikasi faktual hanya pasangan Fakhrizal dan Genius Umar.

Tahapan verifikasi, para petugas KPU akan datang door to door warga yang telah meyerahkan fotokopi KTP serta tandatangannya untuk membuktikan bahwa mereka memang benar-benar menyatakan dukungannya untuk paslon tersebut.

Komisioner KPU Sumbar, Izwaryani menyebutkan, hal itu merupakan prosedur yang dilakukan terhadap paslon independen. Jika lolos dan dinyatakan memenuhi syarat, maka pasangan baru bisa mencalon sebagai calon gubernur dan wakil gubernur.

“Ini untuk membuktikan apakah warga tersebut benar atau tidak mendukung paslon tersebut,” ujarnya.

Jika memang warga membenarkan dukungannya, berarti itu sudah memenuhi syarat. Verifikasi faktual itu, katanya, hanya dilakukan bagi berkas-berkas yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi. Bagi pendukung baru, tidak bisa.

Selain itu, jika pendukung tidak berada di rumah, maka mereka bisa dikumpulkan di tempat yang telah dijanjikan antara pihak paslon dan petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) di wilayahnya.

Kemudian, jika pemilik KTP telah meninggal dunia, maka hal itu juga tidak memenuhi syarat. Ia termasuk tidak dapat memenuhi verifikasi faktual.

“Petugas yang kita turunkan adalah seluruh PPS, kalau pendukungnya memang banyak, boleh ditambah,” ucapnya.

Jika setelah verifikasi faktual dukungan untuk paslon belum memenuhi syarat, maka boleh melakukan perbaikan berkas. Bahkan, boleh menambah jumlah dukungan baru.

“Masa perbaikan dilakukan selama tiga hari, yaitu (29/4) sampai (1/5) kalau lolos boleh mendaftar bulan Juni, kalau tidak lolos verifikasi maka tidak boleh,” katanya.

Verifikasi faktual, kata Izwaryani, dilaksanakan selama satu bulan, mulai (26/3) hingga (15/4) Sementara pendaftaran calon, mulai (16-18/6) mendatang.(heu)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional