Menu

Pilgub Sumbar, MK Menggugat ke MK

  Dibaca : 816 kali
Pilgub Sumbar, MK Menggugat ke MK
PADAMKAN API— Petugas Damkar dibantu warga setempat berusaha melakukan pemadaman api yang membakar satu unit rumah. (romi rahmat/posmetro)

Logo Pilkada Serentak 2015 oke

PADANG, METRO–Tak terima dengan kekalahannya, paslon gubernur MK-FB resmi gugat hasil Pilkada Sumbar ke MK, Rabu (22/12). Gugatan itu didaftarkan langsung oleh Fauzi Bahar bersama tim kuasa hukumnya yang terdaftar pukul 09.58 WIB dengan nomor gugatan 129/PAN/MK/2015.

Tim Kuasa Hukum MK-FB, Ibrani mengungkapkan, materi gugatan yang dilayangkan terkait persoalan penghitungan suara, yang memang dari awal saat pleno penetapan perolehan suara pilgub ditolak oleh saksi panslon MK-FB. Kemudian terang dia, hal bersifat substantif mengenai pelanggaran dan kecurangan yang mempengaruhi perolehan suara. Diantaranya, soal pengaruh petahana.

”Ada 25 alat bukti atau dukumen yang siapkan, termasuk juga bukti pelanggaran tidak dipenuhi undang-undang terkait pelanggaran,” papar Ibrani.

Bukti tersebut katanya, akan terus bertambah, dan siap dibuka pada persidangan nantinya. Soal syarat gugatan selisih suara yang hanya maksimum 2 persen, MK-FB tak ambil pusing soal itu. Menurutnya, kekalahan perolehan suara itu akibat banyak pelanggaran yang dilakukan.

“Kalau aturan dijalankan di koridornya, kita yakin kita tak akan kalah,” tegasnya.

Ditegaskannya, seharusnya calon yang bersaing, tak boleh menggunakan kekuatan jabatan. Pada pemilihan gubernur kemarin hal itu terjadi, sehingga pengaruhnya menjadikan perolehan suara MK-FB rendah. Dia juga menegaskan, berdasarkan bukti dan dokumen yang mereka siapkan, KPU dinilai tidak menjalankan peraturan perundang-undangan.

”Jika seorang calon incumbent melakukan penggantian pejabat enam bulan sebelum masa tugasnya berakhir, jika dilakukan ada indikasi mengunakan kekuasaanya. Sehingga harus dicoret, karena tidak fair,” tuturnya. (da)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional