Close

Petugas Lapas kelas II B Solok Latihan Penanggulangan Kebakaran

Zul Elfian menandatangani kerjasama dengan pemerintah provinsi.

SOLOK, METRO–Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Solok, mendapat pelatihan dalam penanggulangan ke­bakaran. Dalam kegiatan itu Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Solok memberikan pelatihan pencegahan dan penanganan api.

Pelatihan diberikan oleh petugas Damkar yang dipimpin Kasi Kese­lamatan, Syukur Hermanto dan Kasi Sarana, Mardiwanto. Pelatihan pe­nanganan api diberikan terhadap pe­tugas Lapas kelas II B Solok.

Dalam kesempatan itu, petugas memberikan  pengetahuan terkait tata­cara penanganan api yang berpotensi menyebabkan kebakaran, baik dari kompor gas, dan sumber lainnya.

Menurut Kasi Keselamatan Damkar Kota Solok, Syukur Hermanto, Lapas memang salah satu fasilitas yang tidak terlepas dari potensi kebakaran, dan jika terjadi bisa berdampak fatal terhadap penghuni yang cukup banyak.

“Lapas sangat beresiko merenggut korban jiwa bila terjadi musibah ke­bakaran, untuk itu petugas perlu dibekali dengan pengetahuan dalam pe­na­nganan api dan potensi kebakaran lainnya,” papar Syukur Hermanto.

Berkaca dari musibah kebakaran Lapas kelas I Tanggerang yang menelan puluhan korban jiwa dari warga binaan, langkah pencegahan dan penanganan kebakaran menjadi hal penting.

“Dengan adanya sosialisasi ter­hadap petugas Lapas kelas II B Solok, kita harap potensi musibah dan dampak fatal kebakaran bisa dicegah secara dini,” paparnya.

Dikatakan Syukur Hermanto, program sosialisasi sangat penting dila­kukan di berbagai instansi dan kelompok masyarakat di Kota Solok sebagai upaya pencegahan dan dampak fatal keba­karan.

Tapi, Damkar Kota Solok masih terkendala dengan anggaran dan sarana prasarana dalam memaksimalkan so­sialisasi pencegahan kebakaran, se­hingga tidak hanya menunggu unda­ngan dari pihak tertentu.

“Sebaiknya kita tidak menunggu momen tertentu untuk kegiatan so­sialisasi, seperti kebakaran Lapas Tangerang, tetapi dilakukan secara tersistim dan berkelanjutan,” paparnya.

Pihaknya berharap, ada perhatian pihak terkait soal keterbatasan ang­garan sosialisasi dan kekurangan sarana dan prasarana Damkar. Apalagi, pen­cegahan merupakan salah satu tugas pokok pemadam. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top