Menu

Petugas Ketertiban TPS Dibekali

  Dibaca : 83 kali
Petugas Ketertiban TPS Dibekali
PEMBEKALAN— KPU bersama Pemkab Pasaman saat menggelar pembekalan Petugas Ketertiban TPS di setiap Kecamatan.

PASAMAN, METRO
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Damkar Pasaman bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pasaman menggelar pembekalan Petugas Ketertiban TPS di daerah tersebut.

Pembekalan Petugas Ketertiban TPS itu perdana dilaksanakan di Kecamatan Lubuksikaping, bertempat di halaman Kantor Camat setempat dan Kecamatan Simpang Alahan Mati, pada Jumat, 13 November 2020 kemarin.

Berbeda dengan Pilkada lima tahun sebelumnya, dimana pembekalan dilakukan secara serentak di halaman Kantor Bupati Pasaman. Namun, dikarenakan pandemi Covid-19, pembekalan terhadap petugas Ketertiban TPS dilaksanakan di setiap kecamatan.

Kasatpol PP dan Damkar Pasaman, Aan Afrinaldi menyampaikan, petugas ketertiban TPS yang akan ditempatkan di setiap TPS dalam Pilkada nanti, sebelumnya diberikan pembekalan dalam melaksanakan tugas di lapangan sebagai garda terdepan dalam menjaga kondusifitas keamanan wilayah membantu Babinkantibmas dan Babinsa.

“Kami berharap setelah pembekalan ini, petugas ketertiban TPS bisa berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat nantinya,” kata dia.

Selain itu, kata Aan, Pilkada yang akan digelar dalam kondisi pandemi Covid-19, dibutuhkan kerja keras dan ekstra dalam penanganannya.

“Selain menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan, petugas ketertiban TPS juga wajib memberikan arahan kepada masyarakat agar mengikuti Protokol Kesehatan,” tuturnya.

Agenda Pilkada akan digelar serentak pada 9 Desember 2020 nanti, tidak seperti yang sudah-sudah, sehingga dibutuhkan pemahaman aturan yang akan dijalankan. Guna mencegah penyebaran Covid-19 dan bisa membatasi kerumunan masyarakat.

Untuk Pilkada di Pasaman, jumlah Petugas Ketertiban TPS yang direkrut oleh Nagari se-Pasaman sebanyak 1.414 orang. Mereka semua ditugaskan di 707 TPS, tersebar di 37 Nagari yang ada di 12 Kecamatan di daerah ini.

“Dalam pembekalan ini, kita memberikan suatu pemahaman tentang bagaimana sikap dan tindakan petugas ketertiban TPS di lapangan, untuk bisa menghimbau masyarakat, agar bisa mengikuti Protokol Kesehatan yang sudah dianjurkan Pemerintah, terutama menjaga keamanan Pilkada nanti, sehingga bisa berjalan aman, damai dan kondusif serta sesuai Protokol Kesehatan,” jelasnya.

Adapun materi yang diberikan meliputi, tata cara pengamanan TPS untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Tahun 2020, Wawasan Kebangsaan Petugas Ketertiban TPS, tugas dan fungsi petugas ketertiban TPS, serta tata cara penerapan Protokol Kesehatan oleh petugas ketertiban TPS. (cr6)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional