Menu

Petugas Kebersihan Tahura Bung Hatta Temukan 6 Granat

  Dibaca : 86 kali
Petugas Kebersihan Tahura Bung Hatta Temukan 6 Granat
GRANAT— Penemuan benda yang diduga granat di Taman Hutan Raya Bung Hatta Padang.

PADANG, METRO
Petugas kebersihan Taman Hutan Raya Bung Hatta yang berada di Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang menemukan enam granat yang tertimbun di dalam selokan. Diduga, dari ciri fisik, granat tersebut merupakan peninggalan zaman perang puluhan tahun silam.

Petugas kebersihan bernama Zaki (36) menemukan granat sekitar pukul 11.00 WIB dan langsung melaporkannya kepada polisi dari Polsek Lubuk Kilangan untuk selanjutnya dilakukan evaluasi oleh tim Gegana Brimob Polda Sumbar.

“Saat itu saya hendak membersihkan kawasan taman. Ketika membersihkan aliran air, saat menemukan ada sesuatu aneh yang menyerupai granat. Setelah saya kumpulkan, ternyata ada enam yang kemudian saya tarok di dekat akar pohon,”ujar Zaki.

Usai dikumpulkan, Zaki melaporkannya kepada pihak kepolisian Lubuk Kilangan yang datang kelokasi penemuan granat untuk selanjutnya memeberitahukan kepada Satbrimob Polda Sumbar.

“Polisi yang datang langsung memasang garia polisi di sekitar lokasi untuk selanjutnya mengevakuasi granat tersebut,” tuturnya.

Di tempat yang sama, sekuriti Tahura Bung Hatta, Ahmad Yunus (27) mengatakan, benda itu pertama kali ditemukan di sebuah aliran sungai kecil di lereng Tahura. Kemudian, oleh petugas kebersihan tersebut benda itu dipindahkan ke bawah pohon yang tak jauh dari lokasi penemuan untuk dikumpulkan pada satu tempat.

“Sudah dua minggu yang lewat ditemukan. Ditemukan di hari yang berbeda, tidak ditemukan sekaligus, makanya dikumpulkan satu tempat,” kata Ahmad.

Ahmad mengungkap, granat terakhir ditemukan pada Sabtu (3/4) lalu. Saat itulah dia menghubungi Polsek Lubuk Kilangan lantaran khawatir dengan keberadaan granat tersebut. Pasalnya, tidak dapat dipastikan granat itu masih aktif atau tidak, sehingga sangat berbahaya.

“Saya awalnya kurang tahu itu granat, tapi kalau dilihat-lihat lagi dengan jelas, mirip dengan granat. Agar aman, kita pindahkan ke bawah pohon, takutnya dimainkan oleh pengunjung. Kami juga lapor ke polisi,” terangnya.

Kapolsek Lubuk Kilangan Kompol Edriyan Wiguna mengatakan, ketika mendapatkan informasi adanya penemuan granat, ia pun langsung ke lokasi Taman Raya Bung Hatta. Pihaknya kemudian melakukan sterilisasi untuk keamanan dan memasang garis polisi.

“Disana saya lihat benar adanya granat sebanyak 6 granat, saya pun langsung mengamankan lokasi itu dengan memasang garis Polisi, dan langsung melaporkan peristiwa itu ke Brimob Polda Sumbar. Saat ini sudah dievakuasi oleh tim Gegana Brimob,”ungkapnya. (rom)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional