Close

Petugas Disiagakan di Semua Titik Objek Wisata Pariaman 

SIAGA— Terlihat dua petugas Pol PP Kota Pariaman disiagakan pada lokasi objek wisata.

PARIAMAN, METRO–Wali Kota Pariaman H Genius Umar menyatakan keamanan pengunjung semua objek wisata daerahnya telah stembaykan semua petugas. Petugas ter­sebut akan mengamankan semua pengunjung yang datang melihat semua objek wisata Kota Pariaman.

“Mulai dari petugas Pol PP, Dishub, Polri dan TNI kita siap siagakan di semua titik objek wisata,” kata Walikota Pariaman H Genius Umar, kemarin.

Sebab katanya, me­ngunjungi objek wisata menjadi salah satu alternative untuk menghabiskan waktu liburan selama le­baran tahun 2022 ke Kota Pariaman. Jadi katanya, kenyaman dan keamanan saat berwisata menjadi syarat utama saat mencari tempat untuk berlibur selain keindahan tempat ter­sebut.

Hal itulah yang menjadi prioritas utama oleh Pemko Pariaman dalam memajukan objek wisata, dimana Pemko Pariaman melalui Dinas Satuan Polisi Pamong Prama dan Pemadam Kebakaran (Dinas Satpol PP dan Damkar) Kota Pariaman menempatkan petugas dititik – titik objek wisata dengan tujuan untuk memberikan keama­nan terhadap pengunjung.

“Selama  Festival Pantai Pariaman ttahun 2022 khu­susnya, 60 personil Polisi Pamong Praja (Pol PP) ditugaskan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan terhadap pengunjung objek wisata,” ujanya.

Salah seorang petugas Pol PP dan Damkar Kota Pariaman Dedi Fernando, salah seorang petugas Satpol PP Kota Pariaman yang diberi tugas untuk pengamanan keberangkatan para penumpang kepulau Angso Duo. Dedi bersama 4 orang lainnya bertugas mulai pu­kul 07.00 Wib sampai waktu yang tidak ditentukan.

“Kita diberi tanggung jawab untuk mengamankan keberangkatan dan sampai kembalinya para pengunjung dari objek wisata Pulau Angso Duo. Disini kita menjalankan tugas ba­gaimana para pengunjung merasa aman saat ingin menyeberang dan kembali kedaratan. Dan menjadi tanggung jawab kita bersama membuat para pe­ngunjung senyaman mungkin saat berada di objek wisata Kota Pariaman, “ ungkapnya.

Bertugas dilapangan memang banyak menemui suka dan duka, namun dengan kebersamaan dan support yang diberikan pimpina, semua yang di­hadapi saat menjalankan tugas, bisa teratasi dengan sebaik mungkin. “Untuk keluargapun memang se­ring kita tinggalkan selama bertugas, namun mereka memahaminya dan mendukung semua kegiatan yang kita lakukan khususnya selama Festival PaPa 2022 yang digelar dari tanggal 3 sampai dengan 15 Mei 2022. Tapi kita tetap berusaha membagi waktu antara pekerjaan dengan keluarga sehingga kerjaan selesai dan keluargapun bahagia, “ ujarnya.

Hal yang sama juga di­sampaikan Novita Sari, salah satu petugas Satpol PP perempuan yang bertugas di Pantai Gandoriah. Selama menjalankan tugas, perempuan yang berusia 26 th ini malah sering mendapat candaan dari para pengunjung. Disam­ping mempunyai paras yang manis, Vita sapaan akrap­nya dikenal dengan petugas yang mudah senyum.

“Ini sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai petugas keamanan dan kenyamanan di objek wisata. Bertugas di Pantai Gandoriah yang merupakan salah satu objek wisata yang ramai pengunjung memang cukup melelahkan. Namun semuanya bisa terobati ketika sedang bersama para pengunjung yang santun. Disini kita bertugas memberikan informasi kepada pungunjung untuk selalu menjaga kebersihan, selalu mengawasi anak – anak ketika sedang bermain pantai, waspada selalu dengan barang bawaan,” ungkapnya.

Vita dan 19 (sembilan belas) temannya juga me­nginformasikan kepada para pedagang agar berdagang tidak memakai badan jalan. Begitu juga dengan pengunjung agar tidak memarkir kendaraan di bahu jalan. Dengan kerajasama yang baik, Pantai Gandoriah sampai saat ini masih aman dan kondusif.

Lain ceritanya bagi petugas yang ditempatkan di Pulau Angso Duo. Vitto jawanta salash satu petugas dari Satpol PP Kota Pariaman mulai menjalankan tugas sejak pukul 07.00 Wib sampai selesai. Vitto bersama 2 (dua) orang temannya menjalankan tugas dengan berpatroli me­ngelilingi pulau untuk memastikan para pengunjung aman dan nyaman berada di Pulau Angso Duo Kota Pariaman.

“Kami bertiga menjalankan tugas dibeberapa titik. Mulai dari dermaga kedatangan pengunjung sampai mengawasi para pengunjung yang sedang berwisata. Para pengunjung kita bantu mulai turun dari kapal dan nanti mereka dipastikan telah kembali lagi ke Pantai Gandoriah. Kita juga lakukan koordinasi bersama tim yang berada di Pantai Gandoriah apabila tiba – tiba cuaca mulai berubah,” ujanrnya.

Tidak hanya itu, para pengunjungpun selalu di­ingatkan untuk bermain dibibir pantai saja. Ini bertujuan agar tidak adanya pengunjung yang lengah saat bermain pantai se­hingga tanpa disadari su­dah mulai ketengah laut. Sampai saat ini, kondisi pengunjung di pulau masih aman dan nyaman. “Kita juga disini menciptakan suasana yang kondusif bersama para pengunjung. Sehingga antara petugas dan pengunjung sudah se­perti keluarga,” tutupnya. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top