Menu

Peternak Sapi Mulai Kebanjiran Pesanan, Panitia Kurban Masjid Ajak Jamaah Berkurban di Kota Padang

  Dibaca : 66 kali
Peternak Sapi Mulai Kebanjiran Pesanan, Panitia Kurban Masjid Ajak Jamaah Berkurban di Kota Padang
PESANAN SAPI— Satu bulan mendekati lebaran Idul Adha, peternak sapi sudah mulai kebanjiran orderan sapi kurban.

AIAPACAH, METRO–Jelang Hari Raya Idul Adha, hewan kurban mulai diburu umat muslim. Sapi, menjadi hewan yang dicari untuk berkurban tahun ini.

Satu bulan menjelang  Haray Kurban, tepatnya 20 Juli mendatang, satu ekor sapi kurban dibanderol dengan harga Rp13 juta sampai Rp18 juta.

Seperti pengakuan sa­lah seorang toke sapi, Papi Mega Harianyo (50), warga Matoaia, Kecamatan Pa­dang Selatan. Saat ini ada 40 ekor sapi yang dise­diakannya untuk persiapan kurban. Dari jumlah ter­sebut, sebagian sudah ada yang dibooking oleh pengu­rus masjid maupun orang pribadi. Sementara seba­gian lagi belum terjual.

“Stok sapi kurban masih ada. Kalau ada yang ber­minat, silahkan datang ke kandang, di Matoaia, de­pan kantor Dinas Perhu­bungan Kota Padang,” se­but Papi, kepada POS­ME­TRO, Kamis (17/6).

Untuk berat sapi kur­ban adalah 70 kg dengan harga Rp13 juta. Semen­tara paling tinggi Rp 18 juta dengan kisaran berat ba­dan sekitar 110 kg. “Harga sapi tergantung berat ba­dan sapi. Bagi berminat, sila­kan datang. Nanti bisa lihat langsung sapinya dan langsung bernegosiasi,” tandas Papi.

Dijelaskannya, sapi-sapi kurban dibelinya dari daerah Pesisir Selatan. Semuanya dalam kondisi sehat dan layak kurban. “Kami selalu menyediakan sapi yang layak kurban dan sehat. Karena kami selalu memegang kepercayaan konsumen,” tandas sosok yang telah merintis usaha jual beli sapu sejak belasan tahun ini. Bagi yang ingin membeli sapi, bisa meng­hubungi nomor HP. 082169635509.

Sementara, agen sapi lainnya, Falen (30), juga mengakui hal yang sama. Pria asli Koto Anau, Solok ini juga memgaku sudah lama berbisnis jual beli sapi. Pada saat Hari Raya Idul Adha, pasaran sapi adalah puncaknya.

“Sekarang pesanan sa­pi kirban cukup ramai yang beli. Stok kita lumayan banyak,” tandas toke jawi yang memiliki kandang di Pauh ini.

Harga sapi disesuaikan dengan berat badan sapi. Namun untuk harga pasti­nya, bisa langsung ke kan­dang dan melihat langsung sapi yang diiinginkan.

Pendaftaran Peserta Kurban

Sementara itu, Masjid Al Fath Goba Seberang Padang, Kecamatan Pa­dang Selatan menar­get­kan menyembelih 10 ekor sapi tahun ini. Ketua Aasjid Al Fath Goba Seberang Pa­dang, Muhammad Yu­nus mengatakan saat ini pen­daf­taran sebagai pe­serta kurban telah di­buka. Bagi warga yang akan men­jadi peserta kurban da­pat men­daftar ke pe­ngu­rus masjid.

“Pengurus sudah me­ne­rima pendaftaran pe­serta kurban untuk tahun 1442 H / 2021 M. Satu pe­serta membayar Rp2,3 juta,” ujar M Yunus, kema­rin.

Ia mengatakan, saat sekarang jumlah peserta kurban hampir 2 ekor sapi dan pengurus menar­getkan peserta jumlahnya 70 orang. Untuk mencapai target itu, pengurus mela­kukan door to door mencari peserta dengan sistem pembayaran dicicil sebe­rapa mampu peserta.

“Kita serahkan pada jamaah dan warga. Jika mampu Rp1 juta dulu dite­rima, sisanya pas hari pe­lak­sanaan,” ucapnya.

Ia menyampaikan, ta­hun lalu, masjid mela­ku­kan penyembelihan 10 ekor sapi. Sapi yang dibantai, akan disebar ke warga sekitar dengan jumlah ke­pala keluarga (KK) lebih ku­rang 300 untuk tiga RT dan satu RW.

“Sapi kurban dipesan dari Pesisir Selatan. Me­miliki surat kesehatan he­wan dan dan beratnya se­suai yang dianjurkan da­lam Al-Quran dan hadis,” pungkasnya. (tin/ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional