Menu

Peternak Bisa Dapat Modal Tanpa Agunan

  Dibaca : 637 kali
Peternak Bisa Dapat Modal Tanpa Agunan
KONFERENSI— Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat konferensi pers.
sapi masyarakat - posmetroweb

Para peternak di Kota Padang, bisa mengembangkan usahanya, dengan mendapatkan modal tanpa agunan.

LUBUK MINTURUN, METRO–Kabar gembira bagi para peternak sapi yang ada di Kota Padang, sebab saat ini para peternak dapat meminjam modal usaha melalui Bank Nagari tanpa agunan. Kepala Dispernakbunhut Padang, Heryanto Rustam mengatakan, kebijakan ini seiring dengan MoU antara Dinas Peternakan Sumbar, Bank Nagari dan Asuransi Jasindo Sumbar.

Saat ini, kata dia, ada 70 peternak sapi yang terdaftar di Kota Padang dan mereka bisa ikut program ini dengan di fasilitasi Dispernakbunhut Padang. Peternak bisa meminjam modal dari Bank Nagari tanpa anggunan dengan cukup menjadi anggota asuransi Jasindo saja.

”Mereka nanti kita daftarkan menjadi anggota Koperasi Jasindo agar bisa meminjam modal usaha dari bank tanpa agunan. Tentu program ini sangat bagus sekali dan perlu kita sampaikan kepada para peternak mereka,” sebutnya.

Dengan pinjaman ini, peternak bisa mengembangkan usaha mereka untuk menjadi lebih besar. Dengan begitu secara otomatis, harga daging sapi bisa terkontrol di pasaran. “Kita berharap agar ke depannya pasokan daging sapi di Kota Padang stabil. Sehingga masyarakat tak perlu terberatkan lagi dengan harga daging yang melambung tinggi,” tuturnya.

Selama ini, terang dia, para peternak kesulitan mendapatkan modal untuk mengembangkan usaha. Hal itu karena sistem Perbankan mewajibkan peminjaman dengan agunan. Sedangkan, terkait wacana pemerintah pusat untuk mengasuransikan tanaman petani yang gagal panen, menurutnya belum ada sampai sekarang.

Namun, jika program tersebut ada, maka tentunya program tersebut sangat bagus untuk peningkatan kesejahteraan petani. “Kalau program itu ada, tentu kita sangat dukung sekali. Apalagi sekarang, akibat kabut asap, tanaman petani kita menjadi terganggu,” ujarnya. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional