Menu

Petani Garda Terdepan Penyedia Pangan di Agam

  Dibaca : 319 kali
Petani Garda Terdepan Penyedia Pangan di Agam
MENGUNJUNGI PETANI—Kepala Dinas Pertanian Agam, Arief Restu mengunjungi para petani di Kecamatan Tanjung Raya yang sedang bekerja di sawah.

AGAM, METRO
Menyikapi kondisi ekonomi yang melemah sebagai dampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), petani di Kabupaten Agam menjadi garda terdepan dalam penyedia pangan bagi masyarakat.

Dalam kondisi sulit saat ini, selagi tidak ada orang yang membawa atau mengantar corona dan petani tidak terkontaminasi, mereka masih bisa menggarap persawahannya untuk ditanami padi. Bahkan Dinas Pertanian Agam mensupport petani untuk terus menanam.

“Tagline nya, para petani dalam kondisi sekarang adalah, anda di rumah saja, biar kami ke sawah, pasokan beras anda terjamin,” ujar Kepala Dinas Pertanian Agam, Arief Restu, Senin (13/4).

Kemarin Ia mengunjungi langsung para petani di Kecamatan Tanjung Raya, yang saat itu sedang mengolah areal persawahan yang ditanami padi, sebagian besar sedang mamasuki masa panen. Sekaligus memantau terkait ketersediaan beras untuk dikonsumsi masyarakat.

Dijelaskannya, cadangan beras untuk kebutuhan konsumsi masyarakat Kabupaten Agam mencukupi, bahkan hingga masa panen akhir April ini diyakinkan surplus dibanding kebutuhan konsumsi.

“Kita mengingatkan kepada para petani agar tidak menjual seluruh hasil panen padinya, harus ada yang ditinggalkan di rumah untuk stok kebutuhan konsumsi harian. Terutama dalam menyikapi kondisi sulit saat ini,” sebutnya.

Beras hasil panen petani yang akan dijual diyakinkannya akan menjadi pasokan untuk memenuhi kebutuhan beras masyarakat di Kabupaten Agam.

“kita sudah kaji detail data kebutuhan dan hasil produksi padi di Agam, Insyallah Agam surplus,” ujarnya pula.

Para petani, menurutnya adalah pejuang siaga pangan Kabupaten Agam. Mereka didorong untuk segera melanjutkan aktivitas pengelolaan sawah untuk menanam padi setelah panen.

Tidak ada masa jeda, supaya dalam kurun waktu tiga hingga empat bulan ke depan, stok pangan di Agam masih terjaga dengan baik. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional