Close

Pesta Pantai 2022 Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Kunjungan Wisatawan Berbagai Daerah Meningkat, PAD Kota Bertambah

RAMAI— Pantai Gandoriah lagi ramai dikunjungi wisatawan.

Laporan : Efanurza Kota Pariaman

Pasangan Wali Ko­ta Pariaman H Genius Umar bersama Wakilnya Mardison Mahyuddin memang memiliki komitmen tinggi dalam memajukan daerahnya, salah satunya bidang pawisata.  Kenapa tidak di hari raya Idul Fitri 1443 H Walikota Pariaman Genius Umar langsung meninjau persiapan semua lini dalam pelaksanaan festa pantai Kota Pariaman. “Kita melakukan pemantauan ini untuk mengetahui dan memantau kesiapan para personil yang telah ditugaskan dilokasi wisata yang telah ditetapkan,” kata Genius Umar, kemarin.

Katanya, dengan meninjai itu petugas telah siap memberikan pelayanan pada semua wisatawan yang datang berkunjung ke Kota Pariaman. Genius Umar ingin tahu apakah semua petugas sudah siap di pos masing-masing atau belum, seperti petugas kesehatan, dan juga dari kepolisian serta instansi terkait.

Seperti yang telah kita ketahui, sebelumnya pemerintah Kota Pariaman sudah mempersiapkan delapan titik objek wisata di Kota Pariaman, yang bisa dikunjungi oleh wisa­ta­wan untuk mengantisipasi terjadinya ledakan pengunjung pada saat libur lebaran dan pesta pantai. “Kita ingin wisa­tawan yang datang kesini, bisa merasa nyaman dan aman untuk menikmati objek-objek wisata yang mereka inginkan, tanpa mengalami kenakalan-kenakalan dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,” ujar Genius Umar.

“Alhamdulillah, dari pemantauan yang kami lakukan dibeberapa titik objek wisata yang sudah disiapkan, terjadi ledakan pengunjung yang datang memadati jalan-jalan sepanjang pantai pariaman. Mobil, motor, bahkan pejalan kaki sekali­pun seperti merayap me­nuju lokasi wisata yang me­reka sukai,” ungkapnya.

Genius Umar berha­rap lebaran tahun ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Ia mengatakan demikian, karena awal festa pantai Pemko Pariaman dapat meraup Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp 40 juta lebih dari sektor Pariwisata. “Jumlah tersebut berasal dari retribusi tiket masuk, dimana retribusi tiket masuk Destinasi Kota Pariaman sebesar Rp 5.000 per orang, untuk di Pantai Gandoriah, Pantai Kata, dan Talao Pauh, sedangkan yang ke Pulau Angso Duo, retribusi sebesar Rp10.000 perorang,” katanya.

Genius mengatakan tingkat kunjungan wisata­wan dihari pertama pe­nye­lenggaraan Festival Pan­tai Kota Pariaman ini men­capai 7.636 orang, yang datang berwisata baik perorangan, keluarga maupun berkelompok. “Dari data yang masuk, laporan retribusi festival Pantai Pariaman 2022 hari ini, untuk di Pantai Gandoriah berjumlah sebanyak 4.015 orang dengan jumlah Retribusi Rp20.­075.000, ­Pantai Kata sebanyak 2.033 orang, dengan Retribusi Rp. 10.­165.000, dan Talao Pauh ber­jumlah 1.100 orang, de­ngan Retribusi yang terkumpul Rp 5.500.000,” ucapnya.

Khusus ke Pulau Angso Duo, Genius mengatakan dihari pertama Festival Pantai Pariaman, berjumlah 488 orang, dengan Retribusi sebesar Rp. 4.880.­000, sehingga ketika di­totalkan Retribusinya dari Pantai Gandoriah, Pantai Kata, Talao Pauh dan Pulau Angso Duo, Total Retribusi hari pertama ini berjumlah Rp. 40.620.­000.

“Alhamdulillah, hal ini menjadi angin segar bagi Pemerintah Kota Pariaman, karena selain PAD yang kita dapatkan, Multiplier effect dari kunjungan 7.636 orang wisatawan ini, juga berimbas ke masya­rakat yang berjualan atau pedagang yang menjual kuliner dan suvenir, sehingga perekonomian Kota Pariaman yang terjadi selama Festival Pantai nan­tinya, akan meningkat,” tukasnya.

Genius juga berharap, agar semua masyarakat Kota Pariaman dan wisatawan yang datang, untuk dapat menjaga ketentraman dan ketertiban, serta tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top