Menu

Pessel Terima 3.500 Kartu Kusuka

  Dibaca : 170 kali
Pessel Terima 3.500 Kartu Kusuka

PESSEL, METRO – Pemkab Pesisir Selatan mendapat kuota sebanyak 3.500 lembar penerbitan Kartu Pelaku Usaha Kelautan Perikanan atau Kusuka pada 2019. Kusuka merupakan model baru dari kartu nelayan.

Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan dan Pembudidaya, Dinas Perikanan setempat, Afriman Julta mengatakan, kehadiran Kusuka merupakan upaya memberikan perlindungan dan pemberdayaan kepada pelaku usaha kelautan dan perikanan. “Selain sebagai identitas nelayan, Kusuka juga merupakan induk data sehingga berbagai program yang akan digulirkran baik dari pemerintah pusat atau daerah lebih tepat sasaran,” sebutnya.

Ia menjelaskan, pendaftar Kusuka tidak hanya sebatas nelayan kecil, nelayan tradisional, nelayan buruh, dan nelayan pemilik. Namun juga pembudidaya yang terdiri dari pembudidaya ikan kecil, penggarap lahan, dan pemilik lahan.

Berikutnya, petambak garam terdiri atas petambak garam kecil, penggarap tambak garam, dan pemilik tambak garam, pengolah ikan, pemasar perikanan serta penyedia jasa pengiriman produk kelautan dan perikanan.

“Landasan hukum pelaksanaan hukum Kusuka tertuang dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 39 Tahun 2017,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, bagi nelayan yang ingin mendaftar Kusuka bisa menghubungi penyuluh perikanan yang ada di masing-masing kecamatan pada daerah setempat. Nelayan hanya tinggal menyiap data diri dan tidak dipungut biaya dalam pendaftarannya alias gratis.

“Hanya saja setelah aktif, Kusuka perlu diperpanjang lima tahun sekali dan prosesnya juga tanpa pungutan biaya,” bebernya. (rio)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional