Menu

Pesona Wisata Pulau Setan, Tawarkan Keindahan Pantai yang Menakjubkan

  Dibaca : 250 kali
Pesona Wisata Pulau Setan, Tawarkan Keindahan Pantai yang Menakjubkan

Namanya Pulau Setan, sedikit seram tapi tidak demikian kenyataannya, pulau ini indah dan jauh dari kesan angker.  Biru laut, pasir pantai, dan keheningan pulau yang tak berpenghuni ini akan menemani Anda yang berkunjung ke Pulau Setan. Pulau Setan masih berada dalam Kawasan Wisata Mandeh, Pulau Setan terletak di sebelah barat Sungai Pisang dan di sebelah timur Pulau Pasumpahan, Sumatera Barat.

Meskipun belum setenar pulau lain di sekitarnya, seperti pasumpahan, pamutusan. Pulau Setan memiliki pesona wisata yang tidak kalah indahnya. Menurut cerita dari guide  setempat, awalnya pulau itu bernama Pulau Sultan. Kemudian terjadi pergeseran diakibatkan oleh pelafalan orang-orang setempat. Sehingga dari yang namanya Pulau Sultan kemudian berubah menjadi Pulau Setan. Dengan ombak yang kecil, Anda dapat berenang di sekitar tepi laut.

Jika tidak ingin berenang, mengelilingi pulau juga menjadi salah satu pilihan kegiatan yang dapat dilakukan. Pulau setan memiliki hamparan pasir putih dengan laut biru jernih. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang ingin suasana yang hening dan tidak ramai dengan hiruk pikuk manusia. Disini anda bisa mengistirahatkan pikiran sejenak dari ruitinitas harian dan stres pekerjaan.

Di Pulau setan dan beberapa kawasan itu wisatawan bisa melakukan aksi renang, snocling,jumping hingga kegiatan mancing dan kemping. anak anak bisa dengan nyaman dan aman bereang di kawasan pulau setan sebab pingiran pantainya  sangat dangkal.
Di kawasan Pulau Setan sekarang tersedia warung warung masyarakat yang menjual makanan dan minuman. Anda juga bisa menyewa tikar dengan harga Rp 5 ribu/tikar. Selain itu sekarang ini di Pulau setan juga telah tersedia aksi wisata seperti banana boat dan donat boat dengan tarif Rp 25.000,- hingga Rp 30.000/sekali aktrasi.

Pulau ini memang belum ramai dikunjungi seperti pulau cubadak dan tetangganya yang lain. Untuk itu pas sekali untuk anda yang ingin beristirahat dari kebisingan, ingin refreshing dan menenangkan pikiran dari jenuhnya rutinitas harian.

Cara Ke Pulau Setan

Pulau Setan terletak di sebelah barat Sungai Pisang dan di sebelah timur Pulau Pasumpahan. Pulau setan ada tiga, Pulau setan gadang, pulau setan ketek dan pulau setan doank (saja). Jika pengunjung yang berasal dari Padang ingin sampai kepulau setan ini ,wisatawan bisa langsung ke Pantai Cerocok Tarusan.Dengan jarak tempuh dari Padang cuma 1,5 jam perjalanan.

Pulau Setan memiliki akses yang mudah dijangkau. Untuk mencapai pulau ini, biasanya pengunjung menyewa perahu. Dari kota Padang menempuh pejalanan darat ke Pesisir Selatan, tepatnya di Carocok, Tarusan. Dari TPI (Tempat Pelelangan Ikan) diteruskan menggunakan perahu nelayan. Cukup mengeluarkan biaya Rp. 20.000 untuk perjalanan pulang dan pergi menggunakan perahu.

Jika Anda yang berasal dari Padang ingin sampai ke Pulau Setan ini ,Anda bisa langsung ke Pantai Cerocok Tarusan. Dengan jarak tempuh dari Padang cuma 1,5 jum perjalanan. Jika sudah sampai di Pantai Cerocok Tarusan, di sini Anda akan menemui banyak perahu perahu yang akan mengantarkan ke kawasan Pulau Setan.

Anda akan disambut dengan ramah oleh pemuda setempat untuk mendapatkan perahu atau boat yang akan mengantarkan Anda untuk berkeliling dengan tarif yang bisa dijangkau. Anda hanya perlu membayar Rp 500 ribu -Rp 750 ribu tergantung banyaknya wilayah yang ingin dikunjungi. Diantaranya adalah Pulau Setan. Sironjong Gadang,Sironjong Ketek, Hutan Mangorve hingga air terjun Sei Gemuruh. (**)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional