Menu

Pesona Batang Arau Semakin Rancak, Sulap Kawasan Kumuh jadi Destinasi Wisata

  Dibaca : 200 kali
Pesona Batang Arau Semakin Rancak, Sulap Kawasan Kumuh jadi Destinasi Wisata

Kawasan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan Kota Padang yang sebelumnya di cap sebagai kawasan kumuh yang ada di tengah perkotaan, kini telah disulap menjadi destinasi wisata. Kawasan yang menjadi pintu masuk ke wisata Pantai Air Manis, Sitinurbaya dan Gunung Padang ini mulai ramai disinggahi para wisatawan lokal hingga mancanegara.

Di kawasan itu terdapat patung Siti Nurbaya, Datuk Maringgih, menggambarkan cerita rakyat yang sudah mendunia dan ada kapal yang ditempatkan di darat menggambarkan mata pencaharian masyarakat setempat. Tugu Kapal dengan latar lukisan tiga dimensi, sebagai wisata sejarah, yang menceritakan keseharian penduduk sekitar yang mencari nafkah dengan cara melaut.

Taman dan arena olahraga dan fasilitas umum lainnya yang membuat wajah Batang Arau menggundang decak kagum masyarakat yang menikmati dan melewati lokasi tersebut. Pada sore hari hingga malam hari tugu ini selalu ramai menikmati keindahannya. Ada yang duduk-duduk, dan ada juga yang berlatih skateboard karena memang disana disediakan arena.

Di bawah Jembatan Sitinurbaya, tampak tugu yang betuliskan Batang Arau dan Selamat Datang di Taman Sitinurbaya. Disana bisa dijadikan sebagai salah satu spot foto yang indah dengan latar belakang tulisan dan sungai Batang Harau dengan kapal-kapal nelayan yang sedang bersandar. Trortoar yang diberikan sentuhan dengan cat warna warni dan bagian pinggir sungai yang dipasang pagar memberikan pengalaman berbeda saat berada disana.

Sentuhan pembangunan tersebut telah menjadi sepuhan perhiasan yang menambah kilauan indahnya panorama alam Batang Arau, sebagai pintu gerbang wisata laut Pantai Air Manis. Wajah Batang Arau telah berubah secara drastis, Dengan kondisi Batang Arau seperti saat ini, secara otomatis akan membawa dampak baik bagi perekonomian masyarakat sekitar.

Memasuki kawasan wisata inipun tidak membayar alias gratis. Berbagai jajanan kuliner juga tersedia disana seperti mie rebus yang dipadukan dengan seafood, jagung bakar, roti bakar dan masih banyak lainnya. Selain itu, jika datang ke sana, kita juga bisa membeli ikan segar hasil tangkapan nelayan di tempat pelelangan ikan dengan harga yang tentunya lebih murah dari di Pasar.

Lokasi

Kawasan wisata Batang Arau ini berada di sepanjang aliran sungai Batang Harau, dan di lereng hamparan Bukit Barisan yang tepatnya di Kecamatan Padang Selatan Akses jalan menuju lokasi sangatlah mudah dan berada di dekat Kota Padang yang bisa ditempuh dengan waktu 5 menit saja. Menuju ke lokasi, kita bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Kawasan ini berada dekat dengan Jembatan Sitinurbaya. Akses jalan bisa melalui pelabuhan Muaro, atau dari Jalan Nipah dan juga dari kawasan wisata Kota Tua. Setiba di Jembatan Sitinurbaya, kita sudah bisa melihat kawasan itu dari atas jembatan. Ayo kunjungi kawasan Batang Arau ini.(**)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional