Menu

Peserta Tes CPNS 2021 dan PPPK Mengeluh, Tes PCR Dikhawatirkan Timbulkan Kerumunan

  Dibaca : 121 kali
Peserta Tes CPNS 2021 dan PPPK Mengeluh, Tes PCR Dikhawatirkan Timbulkan Kerumunan
KHAWATIR—Syarat peserta tes CPNS 2021 dan PPPK antara lain wajib tes antigen atau tes PCR dikhawatirkan akan terjadi kerumunan.

JAKARTA, METRO–Syarat harus melakukan swab test RT-PCR atau rapid test antigen bagi peserta tes CPNS 2021 dan PPPK dikhawatirkan akan memicu kerumunan. Apalagi jumlah peserta tes CPNS dan PPPK 2021 sekitar 4 jutaan, meski pun tersebar di daerah.

“Waduh, tempat swab pasti antreannya ular naga. Apalagi di daerah kan rumah sakit, laboratorium maupun klinik yang menyediakan fasilitas PCR dan swab antigen kan enggak banyak,” kata Dudi Abdullah, peserta tes PPPK 2021 formasi guru kepada JPNN.com, Rabu (25/8).

Selain itu, lanjutnya, biayanya bervariasi di masing-masing daerah walaupun su­dah ada batas atas tarif test PCR dan swab test antigen yang ditetapkan Kementerian Kesehatan. Kondisi ini sangat memberatkan para peserta tes. “Ini baru mau ikut tes saja sudah keluar uang banyak. Belum lagi saat swab, ada kerumunan orang, kan bisa saja terpapar Covid-19,” keluhnya.

Menurut Dudi yang juga pengurus Perkumpulan Honorer K2 Indonesia (PHK2I) Kabupaten Garut ini, sebenarnya syarat vaksinasi dan deklarasi sehat sudah cukup.  Dengan catatan protokol kesehatan dilakukan ketat terutama masker tiga lapis ditambah masker kain, social distancing, duduk berjarak, rajin cuci tangan, pakai face shield. Ketua Forum GTT/PTT Kabupaten Kebumen Musbihin me­ngu­sulkan agar swab test antigen bagi peserta tes PPPK 2021 terutama guru honorer digratiskan.

“Swab antigen di Kebumen Rp135 ribu. Mudah-mudahan ada kebijakan pemerintah menggratiskan swab tets bagi guru honorer peserta tes PPPK 2021,” ucapnya

 Sementara Heni, peserta tes CPNS 2021 di Manado mengungkapkan, jumlah peserta di daerahnya cukup banyak. Sementara lokasi swab test antigen tidak sebanyak di Jakarta. Dia khawatir tidak bisa melakukan swab tets antigen karena ada pembatasan. “Ta­kut­nya dibatasi jumlah sam­pel yang dites, misalnya maksimal 100 per laboratorium. Kalau peserta tesnya belasan ribu bagaimana ini?” ujarnya gu­sar.

Dia hanya berharap panitia bisa menyiapkan swab antigen di lokasi tes CPNS 2021. Ini untuk membantu peserta yang belum swab antigen sehari sebelum tes. “Antisipasi ini perlu karena pasti lokasi swab antigen diburu para peserta tes CPNS 2021,” pungkas Heni. (esy/jpnn)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional