Menu

Pesawat Tempur TNI AU Jatuh, Timpa 2 Rumah Pilot Melayang di Udara

  Dibaca : 582 kali
Pesawat Tempur TNI AU Jatuh, Timpa 2 Rumah Pilot Melayang di Udara
Puing Pesawat— Petugas berusaha memadam api di puing-puing pesawat militer dari Skadron Udara 12 Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin yang jatuh di Desa Kubang Jaya, Kampar, Riau, Senin (15/6).

Riau, metro
Pesawat Tempur milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara mengalami kecelakaan tunggal, Senin (15/6) di Kabupaten Kampar, Riau. Pesawat tempur yang mengalami kecelakaan pada pukul 08.13 WIB ini berjenis Bae Hawk 209 dengan nomor registrasi TT-0209.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsma TNI Fajar Adriyanto mengatakan bahwa tragedi tersebut terjadi di Landasan Udara Rusmin Nuryadin, Pekanbaru. Pesawat tempur itu jatuh sejauh 4 km dari runway 36.

“Telah terjadi kecelakaan Pesawat tempur TNI AU jenis Hawk 209 Tail No TT 0209 Lanud Rusmin Nuryadin, Pekanbaru. Kecelakaan terjadi saat pesawat akan mendarat kembali dari latihan rutin terjadwal,” ujar dia ketika dikonfirmasi, Senin (15/6).

Pilot yang menerbangkan adalah Letnan Satu (Lettu) Pnb (Korps Penerbang) Apriyanto Ismail, berhasil selamat setelah menggunakan ejection seat yang melontarkan dirinya keluar dari pesawat. Kondisi pesawat rusak parah.

“Pilot Lettu Pnb Apriyanto Ismail sempat eject dan selamat. Pesawat kondisi rusak berat (total lost), menimpa 2 rumah warga yang dalam kondisi kosong,” tambahnya.

Dalam kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa. Terkait penyebab kecelakaan masih ditelusuri. “Tidak ada korban jiwa. Untuk penyebab kecelakaan dan jumlah korban masih dalam proses investigasi,” tutupnya. (jpc)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional