Close

Pesantren Ramadhan Jangan Sekadar Formalitas

Ilustrasi

SEB. PADANG, METRO – Pesantren Ramadhan yang diselenggarakan pada tiap-tiap masjid/mushalla diharapkan dapat membentuk akhlak generasi muda lebih baik lagi ke depannya. Serta implementasi Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS – SBK) mengenai Sumbang Duo Baleh dapat diterapkan peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.

“Jangan sampai Pesantren Ramadhan yang diikuti peserta didik tingkat SD dan SMP hanya sebagai formalitas saja, namun manfaatnya juga dirasakan oleh anak-anak hendaknya,” ujar Camat Padang Selatan, Fuji Astomi saat buka bersama yang digelar panitia dan pengurus Masjid Al Fath Goba Seberang Padang, Kecamatan Padang Selatan, Sabtu (25/5).

Ia menyambut baik materi Sumbang Duo Baleh yang ditambahkan oleh pemko pada pelaksanaan pesantren sekarang. Semoga materi yang diberikan tersebut dapat terealisasi dengan baik dan norma adat yang telah turun temurun bisa dipatuhi generasi muda saat ini.

“Kita ingin Duo Baleh larangan tersebut seperti sumbang duduk, sumbang tagak, sumbang jalan, sumbang kato, sumbang penglihatan, sumbang makan, sumbang karajo, sumbang pakaian, sumbang tanyo, sumbang jawek, sumbang bagaua dan sumbang kuraneh dapat diaplikasikan pada kehidupan,” ucapnya.

Ia menambahkan. pelaksanaan Pesantren Ramadhan khusus di Padang Selatan tak ada kendala yang ditemukan oleh panitia dan pengurus masjid/ushalla penyelenggara. “Hingga hari ke-14, masih berjalan dengan semestinya,” paparnya.

Pada kesempatan itu, Fuji mengapresiasi kegiatan buka bersama yang digelar dengan pemko dan Pemerintah Kecamatan oleh panitia dan pengurus Masjid Al Fath Goba ini. Sebab, kegiatan ini jarang dilihat masjid/mushalla lainnya.

Ia menginginkan apa yang dilakukan sekarang dilanjutkan terus di masa yang akan datang. Supaya kebersamaan antara panitia, pengurus, peserta pesantren, jamaah dan pemerintahan dapat terpupuk dan terjalin setiap saat.

“Banyak kita lihat masjid/mushalla selama Ramadhan hanya diisi dengan ceramah dan tarawih saja, namun saat ini di Masjid Al-Fath Goba Seberang Padang semaraknya Ramadhan terlihat dengan berbuka puasa bersama. Patut kegiatan sekarang kita acungkan jempol dan belum ada yang menjalankan di tempat lain,” sebutnya.

Ketua Pesantren Ramadhan Masjid Al Fath Goba Seberang Padang, Ade Syaf Putra mengatakan buka bersama yang digelar bersama Pemko Padang dan pemerintah kecamatan ialah agenda rutin setiap tahunnya selama Ramadhan. Kegiatan ini telah berjalan sejak 2014 lalu.

“Buka bersama dengan semua stakeholder tujuannya agar kebersamaan terlihat dan silaturahmi terus terjalin,” ujarnya yang juga Wakil Ketua Masjid Al-Fath Goba Seberang Padang ini. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top