Menu

Pesantren Ramadhan di Tengah Pandemi, Guru Jangan Sekadar Teken Absen

  Dibaca : 99 kali
Pesantren Ramadhan di Tengah Pandemi, Guru Jangan Sekadar Teken Absen
Habibul Fuadi, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang

AZIZ CHAN, METRO
Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Padang meminta seluruh peserta didik dan juga guru untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) selama pelaksanaan Pesantren Ramadhan tatap muka. Meski masih pandemi, peserta didik tingkat SD dan SMP wajib mengikuti kegiatan pesantren di masjid atau mushalla terdekat rumah.

“Jika peserta diidk tidak terlibat dalam pesantren, maka akan berpengaruh pada nilai rapornya,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Habibul Fuadi, Senin (29/3).

Pesantren Ramadhan merupakan pemindahan proses belajar dari sekolah ke rumah ibadah. Pelaksanaannya hanya 17 hari. Jika tak ikut, nilai agama siswa akan berkurang.

“Peserta yang ikut pesantren mulai tingkat SD, yakni kelas IV sampai VI. Sedangkan untuk tingkat SMP diikuti siswa kelas VII IX,” jelasnya.

Selanjutnya, keterlibatan guru dalam pesantren, Disdik membagi sesuai domisili guru dan wajib menyerahkan SK tugas ke panitia dan pengurus yang ada. Majelis guru yang ditugaskan, tidak sekadar ambil absen saja. Namun harus memberikan materi sesuai bahan ajar yang disusun Bagian Kesra Kota Padang.

“Perbedaan pelaksanaan Pesantren Ramadhan dengan tahun-tahun lalu, tahun sekarang karena masih di tengah pandemi, pesantren harus menerapkan 3M. Diantaranya pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan,” kata mantan kepala BKPSDM Padang ini.

Ia berharap peserta didik dapat mengikuti dengan baik dari awal sampai akhir. Dan kepada majelis guru untuk tetap mengawasi dan jangan sampai tidak berpartisipasi. “Sebab pelaksanaannya akan dimonitoring tim kelurahan, kecamatan dan kota. Bahkan melibatkan Disdik. Pengurus masjid/mushalla diminta laporkan ke Disdik jika majelis guru tidak hadir, kita akan panggil nanti,” sebutnya. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional