Menu

Pesan Sederhana di Shalat Idul Adha, Sampah jadi Topik Hangat Dibicarakan Wali Kota

  Dibaca : 53 kali
Pesan Sederhana di Shalat Idul Adha, Sampah jadi Topik Hangat Dibicarakan Wali Kota
SHALAT IDUL ADHA— Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi bersama Wawako (peci putih berkaca mata) dan Ustaz Dr. Riki Saputra, MA (Rektor UMSB) yang bertindak sebagai Khatib Idul Adha (tengah).  (ramadalius/posmetro)

POLIKO, METRO – Wali Kota Payakumbuh H. Riza Falepi menyampaikan pesan-pesan sederhana dalam sambutan jelang pelaksanaan Sholat Idul Adha (Ied) 1440 Hijriyah di halaman Balaikota Payakumbuh, Minggu (11/8). Perbaikan layanan publik dan masalah persampahan jadi dua isu yang ditekankan.

”Ke depan akan ada Mal Pelayanan Publik di lantai satu balikota ini. Kita pakai konsep one stop servising (satu tempat pelayanan,red). Semua jenis layanan publik bisa di sini, semua sudah dilakukan secara online dan cepat serta dilayani oleh orang-orang yang ramah,” ungkap Walikota Riza Falepi.

Dikatakan, sesuai dengan perencanaan, akhir bulan Agustus atau awal September, Mal Pelayanan Publik (MPP) tersebut akan mulai diuji coba.

Di sisi lain, wali kota juga mengajak warga kota untuk bersama-sama menjaga aset pembangunan. Jika melihat sesuatu yang janggal dan menyalahi aturan, walikota meminta warga langsung menegur dan menertibkan.

“Misalnya ada truk yang lewat jalan kecil dimarahin saja, sebab itu bukan kapasitas jalan mereka. Atau masalah perilaku buang sampah sembarangan, apalagi sampah plastik yang banyak bertebaran dijalan dan selokan-selokan, langsung ditegur agar muncul kesadaran. Sebab sampah plastik cukup bahaya, ia sulit hancur,” ujar Riza Falepi.

Wali kota kemudian mengajak warga untuk mau sedikit berkurban waktu dan tenaga untuk mengatasi masalah diatas. Apalagi spirit Idul Adha yang identik dengan pengorbanan, bisa dijadikan momentum untuk mengatasi masalah tersebut.

“Mari jadikan Idul Adha ini sebagai momentum membangun semangat pengorbanan, menjaga kebersihan kota bersama-sama. Mari budayakan hidup bersih, apalagi kebersihan merupakan bagian dari keimanan kita,” tutur nya.

Walikota mengaku telah memerintahkan jajarannya hingga tingkat kelurahan untuk secara periodik melakukan kegiatan bersih-bersih sampah, khususnya sampah plastik.

“Kami sudah perintahkan setiap kelurahan mengadakan acara memungut sampah plastik dua kali atau minimal satu kali sebulan, dengan begitu mudah-mudahan bisa menjaga keberihan kota. Silahkan kita semua turut menyukseskannya,” pungkas Walikota.

Shalat Idul Adha di Halaman Balaikota sendiri dipadati jamaah dengan Khatib Dr. Riki Saputra, MA (Rektor UMSB). Hadir pada kesempatan itu, Wakil Walikota H. Erwin Yunaz, beserta unsur Forkopimda, Sekdako Rida Ananda beserta sejumlah pimpinan OPD. Turut hadir mantan Wakil Walikota Payakumbuh H. Syamsul Bahri dan Mantan Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Syafaruddin Dt. Bandaro Kayo. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional