Menu

Pertimbangan Masuk SMP Berubah, Bukan Lagi Umur, tapi Miskin Berprestasi

  Dibaca : 290 kali
Pertimbangan Masuk SMP Berubah, Bukan Lagi Umur, tapi Miskin Berprestasi
Kepala Disdik Padang, Habibul Fuadi

AIAPACAH, METRO
Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Habibul Fuadi mengatakan, mulai Senin (13/7), pihaknya membuka peluang bagi anak miskin berprestasi untuk bisa diterima di sekolah negeri. Orang tua yang anaknya tidak diterima di sekolah SMP negeri terdekat, agar segera melapor ke sekolah dengan menunjukkan surat keterangan miskin dan daftar nilai yang bagus.

”Artinya, anak dari keluarga miskin dan memiliki nilai yang bagus akan diprioritaskan masuk ke SMP negeri terdekat rumahnya. Jadi kategorinya bukan umur lagi, tapi surat keterangan miskin dan nilai yang bagus,” kata Habibul.

Ia menambahkan, para orang tua dipersilahkan datang dan melapor ke sekolah dengan membawa bukti surat miskin serta foto kopi nilai. Nantinya, akan dilakukan seleksi nilai untuk menyaring yang akan diterima.

“Kita akan terima sesuai kapasitas dan daya tampung kita, yakni sekitar 8.900. Yang kita tampung yang miskin berprestasi. Yang kaya bisa sekolah ke swasta,” tandasnya.

Selain bisa ke swasta terang Habibul, orang tua murid juga punya pilihan lain yakni bersekolah di sekolah di bawah binaan Kemenag. ”Jadi tidak di swasta saja, sekolah Kemenag kan juga ada,” ungkap Habibul.

Saat ini, sebut Habibul Fuadi, lulusan SD ada sekitar 16.000 orang. Daya tampung SMP negeri hanya sekitar 8.900. Pihaknya tak bisa menampung murid di luar kapasitas.

”Otomatis kita hanya terima sesuai daya tampung. Makanya jatah tersebut untuk yang miskin berprestasi saja,” tukasnya.

Sebelumnya, sejumlah wali murid telah mendatangi kantor Disdik Disdik dan DPRD. Hal ini disebabkan karena orang tua mengelukan sistem PPDB jalur zonasi untuk tingkat SMP ini. Anak-anak mereka terancam tak dapat diterima di SMP negeri karena pertimbangan tak lagi pada nilai, tapi berdasarkan umur.

Saat wali murid ke gedung wakil rakyat, Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani telah meminta Disdik mencari solusi atas keluhan yang disampaikan para orang tua. Sehingga dengan begitu diharapkan, anak-anak mereka bisa diterima di sekolah negeri. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional