Close

Pertengahan November Capaian Vaksinasi Kota Randang 65,30 Persen

Wali Kota Riza Falepi.

PAYAKUMBUH, METRO–Berdasarkan data dari Di­nas Kesehatan Kota Payakum­buh, capaian vaksinasi di kota berjuluk The City of Randang ini sudah 65,30 persen dosis pertama dan 34,68 persen dosis kedua pada Rabu, (17/11). Wali Kota Riza Falepi kepada media, Kamis (18/11) menyampaikan apresiasi yang setinggi-ting­ginya kepada jajaran ASN, apalagi untuk lurah dan camat yang berjibaku di lapangan mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk dapat divak­sin.

Kemudian kepada tenaga medis dan dinas kesehatan yang rela bekerja siang malam me­ninggalkan keluarga di ru­mah demi tugas negara, Riza Falepi angkat topi untuk ini. Menurut wali kota dua periode itu, mereka telah membuktikan dedikasinya dalam bekerja, buktinya capaian vaksinasi yang bisa digenjot hanya dalam beberapa minggu.

“Kepada Bapak Kapolres AKBP Alex Prawira, Dandim Letkol Inf. Moch. Denny Nur­cah­yono, Kajari Suwarsono, Ka­kankemenag Ramza Hus­men, dan unsur forkopimda ser­ta jajaran yang sudah ber­kerja dengan luar biasa, ber­kerja sama dengan kami me­nuntaskan persoalan pandemi Covid-19. Banyak melakukan pekerjaan untuk mengatasi kasus positif Covid-19 hingga pelaksanaan vaksinasi,” kata Riza.

Riza bersyukur di per­tenga­han November ini capaian vaksinasi menuju target 70 persen sudah di depan mata, dirinya berharap masyarakat dapat terus bersemangat da­lam mengikuti vaksinasi ini. “Harus kita akui, capaian ini karena begitu sedemikiannya semua pihak dengan keras bekerja, mudah-mudahan vak­sinasi berjalan baik,” tukuknya.

Riza juga meminta mohon kepada orang-orang agar tidak mengeluarkan statement-sta­te­ment yang merugikan dan mem­perlemah semangat te­naga kesehatan vaksinator be­kerja di lapangan. “Kalau tak bisa membantu, jangan pula ikut menyebarkan hoax, kita berjuang menyelamatkan rak­yat, jangan kita menyiram minyak ke api,” kata Riza.

Juga, kata Riza, bagi me­reka kalau tidak menolong ja­ngan mengganggu pihak-pihak yang telah berjibaku untuk itu. Riza sebagai Ketua Satgas Covid-19 juga berusaha me­ngem­ban amanat ini dengan sepenuh hati walaupun tugas-tugas lain wali kota cukup banyak.

“Sangat disayangkan be­kerja tidak, tapi datang datang seperti pahlawanan meng­anggu proses di lapangan, lebih baik mundur. Biarlah nakes bekerja dengan cara dan pro­ses yang memang itu cara yang mereka siapkan. Kami mohon biarkanlah satgas be­kerja dengan sekuat tenaga se­hingga pandemi ini lari dari Pa­yakumbuh,” ujarnya.

Terakhir, Riza menghimbau kepada masyarakat agar me­nye­gerakan vaksin, jangan di­tunda karena bisa saja varian baru delta plus sudah beregen­ta­yangan di Kota Payakumbuh. Pem­ko juga telah meyediakan apli­kasi untuk mendaftar vak­sinasi berbasis web di vak­sinasi.­payakumbuhkota.go.id.

“Mari, kita capai herd immunity sehingga kita semua bisa kuat melawan Covid-19, tetap jaga protokol kesehatan meski sudah divaksin. Dosis kedua sama pentingnya dengan per­tama, vaksin aman dan halal,” pungkasnya. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top