Menu

Pertashop di Nagari Sungai Durian Diresmikan

  Dibaca : 256 kali
Pertashop di Nagari Sungai Durian Diresmikan
RESMIKAN PERTASHOP—Wakil Bupati Suhatri Bur saat meresmikan operasional Pertashop di Nagari Sungai Durian, didampingi pejabat Pertamina.

PDGPARIAMAN, METRO
Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, meresmikan operasional Pertashop di Nagari Sungai Durian, Kecamatan Patamuan.

Suhatri Bur mengatakan, Pertashoop harus mengurus perizinan usaha kepada pemerintahan daerah melalui DPMPTSP agar usaha dapat diakui legalitasnya. Untuk mempercepat realisasi pembangunan pertashop Pertamina telah menandatangani kesepakatan dengan Kementerian Dalam Negeri, sehingga nantinya bisa menjadi mitra BUMNag.

Sementara itu, General Manager Pemasaran Pertamina Wilayah Sumatera Barat Arman Nugraha mengatakan bagi yang berminat dan siap bermitra dengan Pertamina dalam pembangunan Pertashop harus melalui enam tahapan yakni proses pengajuan dan selanjutkan akan melalui verifikasi dan pengurusan admin.

Arman menambahkan, bagi yang berminat kerja sama bisnis, Pertashoop bisa menyiapkan lahan atau lokasi yang sesuai dilengkapi dokumen badan usaha atau badan hukum. “Nanti akan kita lakukan survei lapangan untuk melihat kelayakan dari omzet dan jarak dengan SPBU atau lembaga penyalur Pertamina yang telah dibangun sebelumnya,” ungkapnya.

Setelah itu, pengurusan administrasi perizinan ke Pemkab selanjutnya mengajukan desain dan pembangunan dan tahap akhir adalah kontrak kerja sama dengan Pertamina antara 10–20 tahun.

Sementara itu pengelola usaha Pertashop H. Andrianto jaya mengatakan bahwasanya usaha yang dilakukannya berkerjasama dengan pemerintah nagari dengan pola seluruh investasi, baik modal sarana dan infrastruktur maupun modal kerja, disiapkan oleh mitra pemerintah nagari sungai durian sehingga keuntungan pun menjadi hak mitra dan pemerintah nagari sepenuhnya.

Pertashop merupakan lembaga penyalur resmi Pertamina berskala kecil yang melayani kebutuhan konsumen BBM, LPG, dan pelumas Pertamina. Pendirian Pertashop merupakan tindak lanjut dari kerja sama Pertamina dengan pemerintah desa yang difasilitasi melalui nota kesepahaman (Memo of Understanding/MoU) antara Pertamina dengan Kementerian Dalam Negeri. Tujuannya untuk memperluas pelayanan BBM dan LPG melalui pengadaan Pertashop di desa-desa wilayah Indonesia. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional