Menu

Pertama Kali Upacara Peringatan HUT RI di Kompleks Gubernuran

  Dibaca : 104 kali
Pertama Kali Upacara Peringatan HUT RI di Kompleks Gubernuran
SERAHKAN—Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menyerahkan bendera merah putih kepada Anggota Paskibraka saat upacara peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di halaman Komplek Gubernuran, Selasa (17/8).

PADANG, METRO–Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dengan menggelar upa­cara di halaman Komplek Gubernuran, Selasa (17/8). Upacara di halaman Kom­plek Gubernuran ini (kom­plek Gubernuran terdiri dari rumah jabatan Gu­bernur, Auditorium dan Istana) pertamakalinya digelar sejak berdirinya Pemprov Sumbar.

Pada upacara di tengah pandemi Covid-19, Gu­ber­nur Sumbar, Mahyeldi An­sharullah mengingatkan, 76 tahun Indonesia Mer­deka adalah momen di mana Bangsa Indonesia kembali diuji jiwa pengor­banannya.

“Semangat kepah­la­wanan pun kembali ber­munculan di sekitar kita. Jika dahulu pengorbanan melawan penjajah, saat ini berjuang menghadapi mu­suh yang tidak terlihat, yang tidak membedakan siapa yang diserangnya, bermutasi dan menyebar ke setiap penjuru negeri,” ucapnya. “Merah putih (bendera) kita bisa ber­kibar dengan pengorbanan yang luar biasa. Pasca proklamasi belanda tak senang dan tidak me­nga­kui, sehingga banyak peris­tiwa besar yang terjadi di berbagai daerah termasuk PDRI di Sumbar,” kata Mah­yeldi.

Mahyeldi juga menga­presiasi antusias ma­sya­rakat Sumbar mengi­bar­kan bendera merah putih di rumah masing-masing. “Alhamdulillah masyarakat Sumbar cukup antusias dengan mengibarkan ben­dera dirumah masing-ma­sing. Bahkan, di Pesisir Selatan saya lihat agak spesial, di samping merah putih juga ada marawa, ini bukti kecintaan masyara­kat pada NKRI. Mudah-mudahan bisa terus dipe­r­tahankan sampai 31 Agus­tus,” lanjut Mahyeldi.

Ditambahkan Mah­yel­di, 76 tahun Indonesia Mer­deka adalah saat krusial bagi semua untuk mela­kukan langkah-langkah yang penting dan benar dalam mengatasi tantangan, ser­ta mengesampingkan hal-hal yang dapat meng­gang­gu keberhasilan perjua­ngan.

Mahyeldi juga mem­beri apresiasi pada seluruh tamu undangan uang hadir serta penyelnggara upa­cara, khususnya pada Pa­sukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Sum­bar yang telah tampil de­ngan baik selama upacara berlangsung. “Saya ucap­kan terimakasih pada se­mua tamu undangan yang hadir maupun mengikuti secara virtual serta pe­nyelenggara upacara, ter­masuk Paskibraka. Luar biasa penampilannya, sa­ya gembira sekali,” ung­kap­nya. “Paskibraka ini memang harus dilibatkan terus dalam pengibaran bendera merah putih. Di­harapkan kabupaten kota bisa menyiapkan ini karena Paskibraka ini telah ter­seleksi, terlatih dan mereka menghayati betul pengi­baran Merah Putih,” kata Mahyeldi.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy berpesan agar masyarakat Sumbar tetap jaga protokol kesehatan. Mengingat saat ini telah terjadi penurunan kasus, dirinya berharap ke depan semakin membaik sehing­ga roda perekonomian se­ma­kin meningkat. “Kita harus membereskan ma­salah Covid-19 ini dari hulu. Kita fokus ke situ. Saat ini sudah mulai turun ang­kanya di Sumbar dan juga berbagai daerah di Indonesia. Kita tahan disitu, kalau bisa diturunkan lagi supaya cepat bergerak segala se­suatunya,” ujar Audy yang akrab dipanggil Uda Wa­gub. “Kalau prediksi kami dengan para ahli, mungkin dua minggu lagi lebih baik, tapi tetap jaga prokes ya. Tetap jaga prokes, se­ma­ngat, merdeka !” tegas Audy.

Upacara HUT RI ini dija­lankan dengan protokol kesehatan. Jumlah peserta yang hadir dibatasi dan memakai masker serta menjaga jarak selama ber­jalannya upacara mulai pukul 07.00 – 07.28 WIB.(fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional