Menu

Pertama di Sumatera, Padang Jalin MoU dengan BP2MI

  Dibaca : 172 kali
Pertama di Sumatera, Padang Jalin MoU dengan BP2MI
KERJA SAMA— Wali Kota Padang Hendri Septa melakukan penandatangan nota kesepahaman (Mou) dengan dengan Kepala BP2MI Benny Rhamdani, di Auala KH Abdurahman Wahid BP2MI, Jakarta, Kamis sore (10/6).

JAKARTA, METRO–Untuk memberikan per­lin­dungan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kota Padang, Peme­rintah Kota Padang meng­gandeng Badan Perlin­du­ngan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

Hal ini ditandai dengan dil­akukannya Penan­da­tanganan Nota Kesepa­ka­tan (MoU) antara Wali Ko­ta Padang Hendri Sep­ta de­ngan Kepala BP2­MI Ben­ny Rhamdani, di Auala KH Abdurahman Wahid BP2MI, Jakarta, Kamis sore (10/6).

Hendri Septa menga­ta­kan, penandatanganan no­ta kesepakatan antara BP2MI dengan Pemerintah Kota Padang dilakukan gu­na meningkatkan pelaya­nan penempatan dan per­lindungan tenaga kerja mi­gran Indonesia asal Kota Padang.

Hendri menyebut, ber­da­sarkan data Badan Pusat Statik (BPS) Kota Padang tahun 2020, jumlah pen­du­duk Kota Padang sebanyak 973.152 jiwa. Se­men­tara jumlah pen­duduk yang be­kerja di luar negeri berda­sar­kan data BP2MI tahun 2020 berjumlah 532 orang.

“Jika kita lihat dari data tersebut maka warga Kota Padang memiliki minat yang tinggi untuk bekerja ke luar negeri. Oleh sebab itu, Pemerintah Kota Pa­dang perlu membuat lang­kah nyata untuk melind­u­ngi warganya yang akan dan bekerja ke luar negeri. Salah satunya melalui pe­nan­datanganan nota kese­pakatan ini. Disamping itu juga merupakan upaya Kota Padang dalam me­ngen­taskan kemiskinan, dengan membuka peluang kerja ke luar negeri,” ucap Hendri.

Orang nomor satu di ibukota Provinsi Sumatera Barat itu mengucapkan terima kasih atas jalinan kerja sama kepada BP2MI. Sekaligus memberikan apr­e­­siasi atas perhatian BP2MI kepada tenaga kerja Kota Padang yang saat ini berada di luar negeri.

“Semoga perhatian ini semakin meningkat ke­depan­nya,” pungkas Wali Kota Padang didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Suardi, Kabag Kerjasama Erwin, dan Kepala UPT BP2MI Padang Joko Purwanto.

Seperti diketahui, BP2MI adalah sebuah lem­baga pemerintah non de­par­­temen di Indonesia yang mempunyai fungsi melaksanaan kebijakan di bidang penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia di luar negeri secara terkoordinasi dan terintegrasi.

Lembaga ini pertama dibentuk sebagai BNP2TKI berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2006 sebelum digantikan oleh BP2MI melalui Pera­turan Presiden Nomor 90 Tahun 2019.

Sementara itu, Kepala BP2MI Benny Rhamdani memberikan apresiasi ke­pada Kota Padang, dimana Padang merupakan kota pertama di Pulau Sumatera yang mengadakan MoU dengan BP2MI, dan kota ke-8 yang melakukan kerja sama dengan BP2MI. Sebe­lum­nya Talaud, Sangihe Kepulauan, Bitung, Tomo­hon, Minahasa, Minahasa Utara dan Palu.

“Kota Padang meru­pa­kan salah satu kantong PMI di Sumatera Barat. Terdata selama tahun 2018 sampai dengan 2020, di Sumatera Barat terdapat 2.411 PMI dan dari Kota Padang sendiri sebanyak 532 PMI. Untuk itu kami ucapkan terima kasih ke­pada Kota Padang atas kolaborasinya selama ini,” pungkasnya. (rel)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional