Menu

Pertahankan Hamparan Lahan Pertanian, Pemko Lahirkan Perda Alih Fungsi Lahan

  Dibaca : 83 kali
Pertahankan Hamparan Lahan Pertanian, Pemko Lahirkan Perda Alih Fungsi Lahan
Ilustrasi

SOLOK, METRO
Kepala Dinas Pangan Kota Solok Kusnadi mengatakan, Pemerintah Kota Solok yang dikenal dengan julukan Kota Beras Serambi Madinah, berkomitmen untuk mempertahankan lahan sawah yang ada saat ini. Langkah ini diharapkan untuk mempertahankan selogan Kota Beras yang telah melekat pada Kota Solok tidak hilang.

Kebijakan Pemko Solok ini dibuktikan dengan dibentuknya peraturan daerah tentang alih fungsi lahan terutama di Sawah Solok. Dengan peraturan itu alih fungsi lahan tidak lagi mudah apalagi menggunakan lahan sawah produktif menjadi pemukiman. Tujuan Perda ini untuk mempertahankan hamparan lahan pertanian yang ada sekarang, agar tidak beralih fungsi. Sehingga julukan Kota Beras tersebut tetap langgeng karena didukung oleh hamparan sawah yang tetap lestari.

Kota Solok juga kerap kali mendapatkan penghargaan baik dari Provinsi  maupun dari Pusat. Hal tersebut tidak lepas dari kerjasama Pemerintah Daerah yang disambut baik oleh masyarakat Kota Solok.  “Termasuk juga kiat-kiat mempertahankan Beras Solok agar nanti tidak hanya tinggal nama. Program-program tersebut dituangkan dalam RPJMD Kota Solok dan terwujudnya visi dan misi Walikota Solok,” ujarnya.

Ketika Dinas Pangan Kota Solok menerima kunjungan Dinas Pertanian dan ketahanan Pangan Kota Jambi dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi, di kantor Dinas Pangan Kota Solok, strategi pemerintah tersebut cukup menjadi perhatian.

Rombongan tersebut disambut oleh Kepala Dinas Pangan, Kusnadi, Kabid Ketersediaan dan jajaran staf. Kunjungan tersebut dalam rangka studi komperatif atau sharing informasi dalam pengelolaan pertanian dan ketahanan pangan yang dilakukan di Kota Solok.

Pertemuan tersebut diakhiri dengan bertukar cendramata dan  berfoto bersama di depan gedung D Perkantoran Balaikota Solok. Selain ke Dinas Pangan rombongan tersebut juga akan mengunjungi Kantor Dinas Pertanian dan Balitbang Kota Solok (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional