Close

Personel Diskominfo Jalani Pemeriksaan PTM di Padangpanjang

PDG.PANJANG, METRO–Personel Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) yang terdiri dari ASN dan THL, mendapatkan screening kesehatan melalui kegiatan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) dalam bentuk layanan deteksi dini kasus Penyakit Tidak Menular (PTM) yang dilaksanakan Dinas Kesehatan melalui UPTD Pus­kesmas Bukit Surungan (Busur) di lobi Kantor Kominfo, Kamis (14/10).

Pengelola Program P­TM Puskesmas Busur, Ns. Yofi Octirra menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan mendeteksi dan melihat faktor risiko PTM pada personel Kominfo.

”Penyakit tidak menular yang dimaksud antara lain hipertensi, kanker, diabetes melitus dan kolesterol tinggi itu, kita deteksi di sini. Biar bisa kita cegah. Kalau ada (parameternya) yang tinggi, kita anjurkan pengobatan,” ujarnya.

Disebutkan, tes yang dilakukan dalam mendeteksi dini kasus PTM, di an­taranya wawancara pola hidup dan pola makan sehari-hari, aktivitas fisik, merokok, penimbangan berat badan, tinggi, lingkar perut, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah, kolesterol serta konsultasi gizi.

”Pada konsultasi gizi ini, jika ada pegawai yang ditemukan memiliki faktor risiko penyakit tidak menular, kita berikan edukasi. Kita jelaskan bagaimana yang sehat tetap sehat dan yang ada risiko bisa me­ngubah pola hidupnya men­jadi pola hidup sehat,” jelasnya.

Yofi berharap personel Kominfo untuk dapat me­nerapkan pola hidup sehat dan melakukan cek kesehatan secara rutin, menghindari asap rokok, rajin aktivitas fisik serta diet seimbang dan sehat. Kemudian hindari stress, karena stres dapat memicu datangnya tekanan darah tinggi.

Ditambahkan Yofi, kegiatan Posbindu PTM ini rutin dilakukan pihaknya, sekali dalam sebulan de­ngan sistem jemput bola ke kantor dan instansi yang ada di wilayah kerja UPTD Puskesmas Busur.

Kepala Dinas Kominfo, Drs. Ampera Salim, SH, M.Si mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan tersebut serta mengucapkan terima kasih kepada Puskesmas Busur yang telah memberikan screening kesehatan bagi para personel Kominfo.  ”Semoga kita bisa jaga kesehatan dan mengantisipasinya sejak dini,” ujar Ampera. (rmd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top