Menu

Persiapkan Kelompok Masyarakat Siaga Bencana

  Dibaca : 265 kali
Persiapkan Kelompok Masyarakat Siaga Bencana
pangkalan— Pembangunan pangkalan angkot di Jalan M Yamin, Pasar Raya Padang belum kunjung tuntas. Pangkalan ini, juga dinilai belum mampu mengurai kemacetan di Pasar Raya.

wawako menyalami para peserta pemantapan satgas  bencana
PARIAMAN, METRO–Wakil Wali Kota Pariaman H Genius Umar menyatakan Indonesia merupakan  daerah rawan bencana, hampir seluruh bencana alam ada di bumi khatulistiwa ini.

”Kita harus menyiapkan kelompok masyarakat yang selalu siaga dalam menghadapi bencana,” kata Genius Umar saat acara pemantapan Satuan Tugas (Satgas) Taruna Siaga Bencana (Tagana) dalam penanggulangan dan pencegahan bencana Kota Pariaman, kemarin.

Katanya, tanggung jawab penanggulangan dan pencegahan bencana menjadi urusan semua pihak, baik pemerintah dan masyarakat.

”Dari segi pemerintah, kita telah membuat berbagai program terkait tentang mitigasi bencana, serta persiapan dini pencegahan bencana, yang telah menjadi program strategis dari Kota Pariaman,” ujarnya.

Dikatakan, kegiatan pemantapan Satgas Tagana  ini menjadi sangat startegis dalam konteks mempersiapkan Kota Pariaman sebagai kota tangguh bencana. ”Kita tahu dan sadar bahwa Kota Pariaman berada di dalam zona merah, akan tetapi kita juga harus siap menghadapi situasi darurat setiap saat,” ujarnya.

Kemudian selain dalam hal penanggulangan dan pencegahan  bencana, karena Kota Pariaman berada di kawasan pesisir pantai, anggota Tagana ini akan dilatih dalam kegiatan penyelamatan di dalam laut.

Baik dari segi skill dan keahlian, lanjutnya, dalam menghadapi situasi korban tenggelam atau terbawa arus, juga hendaknya bekerja sama dengan kelompok wisata diving dan snorekeling, sehingga keahlian yang didapat semakin bervariasi dan betul-betul dapat menjadi tagana yang tegar, profesional, percaya diri dan patriotisme. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional