Menu

Persiapkan Kader Ulama, Ma’had Aly Sumatera Thawalib Parabek Wisuda Mahasantri Perdana

  Dibaca : 608 kali
Persiapkan Kader Ulama, Ma’had Aly Sumatera Thawalib Parabek Wisuda Mahasantri Perdana
Wisudawan foto bersama dengan Bapak Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren serta Team Senat

Senin, 27 Jumadil Awwal 1442 H bertepatan dengan 11 Januari 2021 M menjadi hari bahagia bagi Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek. Pasalnya, semenjak diakui sebagai salah satu Ma’had Aly resmi di Indonesia dengan prodi Al Fiqh Wa Ushuluhu pada 31 Mei 2016, hari ini Ma’had Aly Sumatera Thawalib Parabek Perdana mewisuda para mahasantrinya. Sejumlah sepuluh orang Mahasantri yang telah menyelesaikan perkuliahan serta administrasi di kampus Ma’had Aly Sumatera Thawalib Parabek.

Wisuda perdana ini dilaksanakan di Kampus Utama Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek, yang terletak di Jorong Parabek, Kanagarian Ladang Laweh, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam. Alhamdulillah, prosesi wisuda terlaksana dengan lancar dan khidmat.

Pada wisuda perdana ini dihadiri oleh Direktur Pendidikan Diniyyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Republik Indonesia, Bapak DR. H. Waryono, M.Ag. Dan beliau juga berkesempatan menjadi Narasumber pada Studium Generale yang berjudul “Menuju Kemandirian Mahasantri dalam Membangun Peradaban Bangsa” yang dimoderatori oleh Ustadz H. Ahmad Budiman, Lc., MA (dosen Ushul Fiqh Ma’had Aly). Dalam studium general ini, beliau menyampaikan begitu banyak pengetahuan, pembelajaran serta pengalaman yang beliau bagikan kepada seluruh peserta Wisuda Mahasantri Ma’had Aly, terkhususnya untuk seluruh Mahasantri dan juga Santri kelas VI Tingkat Aliyah Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek.

“Negara maju, Masyarakat maju karena keilmuan yang dimiliki oleh masing-masing masyarakat. Jika ilmu tidak ada Negara tidak akan maju, begitu pentingnya ilmu dalam kehidupan kita”, begitulah kalimat yang disampaikan oleh Bapak DR. H. Waryono, M.Ag. Peserta yang menghadiri wisuda angkatan pertama ini sangat antusias mengikuti dan mendengarkan setiap ucapan yang disampaikan oleh Bapak Direktur PD Pontren Kemenag RI. Diakhir penutupan, beliau juga tidak lupa menyampaikan pesan kepada Mahasantri Ma’had Aly .“Lanjutkan pendidikan S2, S3. Minimal S2 saja, jangan pernah menyerah dan merasa puas jika sudah menyelesaikan S1. Dan yang terpenting selama pendidikan adalah Tidak Melamar dan Tidak Menerima Lamaran,” ujarnya.

Selain itu, wisuda perdana Ma’had Aly Sumatera Thawalib Parabek dihadiri oleh 280 orang peserta, dan juga dihadiri oleh Kakanwil Kemenag Prov. Sumatera barat yang diwakilkan oleh Bapak H. Rinalfi, S.Ag., SH., MM (Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam), Bapak Edy Oktafiandi (Kakan Kemenag Kab. Agam), Yayasan Syekh Ibrahim Musa Parabek, Pimpinan Pondok Pesantren se-Kabupaten Agam.

Prosesi wisuda ditandai dengan Pembacaan SK Lulusan Wisudawan/ti oleh Naib Mudir Bidang Akademik Ustadz H. Nurdin, S.Ag., S.Pd.I., MH, yang diiringi oleh Pemindahan Jambul Toga oleh Pimpinan Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Ustadz H. M. Zaki Munawar, dilanjutkan dengan pemberian Ijazah oleh Mudir Ma’had Aly Sumatera Thawalib Parabek sekaligus sebagai ketua Team Senat pada prosesi wisuda ini Ustadz H. Ilham, Lc., MA, dan diakhiri dengan pemberian plakat oleh Syaikhu Ma’had Buya Deswandi.

Fauziah, sebagai Wisudawan terbaik pada Wisuda Perdana ini mengucapkan rasa Syukurnya, “Alhamdulillah, suatu kebanggan me njadi salah satu Mahasantri Ma’had Aly Sumatera Thawalib Parabek, belajar di Ma’had Aly dengan Matakuliah dan ilmu yang luar biasa. Semoga dengan ilmu yang ada bisa bermanfaat bagi Agama, Lingkungan, terutama bagi diri sendiri,” sebutrnya. (***).

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional