Menu

Persiapkan Hadapi Bencana di Daerah Kota Pariaman, Aktifkan KSB

  Dibaca : 627 kali
Persiapkan Hadapi Bencana di Daerah Kota Pariaman, Aktifkan KSB
BNI telah melakukan upaya percepatan penyaluran Bansos tersebut hingga bisa diterima masyarakat Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh Indonesia lebih awal.

PARIAMAN, METRO–Wali Kota Pariaman H Genius Umar menyatakan masyarakat Kota Pariaman harus memepersiapkan diri untuk menghadapi bencana.

“Karena kita berada di daerah rawan bencana saat ini, apalagi sekarang kita sedang dilanda bencana kesehatan yaitu bencana corona virus, sehingga membuat perobahan pada tatanan e­konomi kita, kegiatan sosial jadi terbatas, dan berbagai kegiatan pemerintahan juga menjadi terbatas,” kata  Genius Umar  disaat membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (JITU PASNA), Bagi Aparatur Kecamatan Dan Perangkat Desa Se Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman.

Genius Umar terangkan ada 3 (tiga) kategori bencana atau tahapan bencana, yaitu sebelum bencana, pra bencana, dan sedang dalam bencana atau pasca bencana.

Katanya, menghadapi bencana tersebut kiranya perlu diaktifkan kembali kelompok siaga bencana yang telah terbentuk sebelumnya disetiap desa yang ada di Kota Pariaman dengan jumlah 25 orang disetiap kelompok per desanya.

“Kita latih lagi mereka dan ini menjadi tugas dari BPBD untuk melakukannya. Latih mereka bagaimana caranya jika menghadapi bencana yang datang, apa yang harus mereka lakukan, seperti apa pola komunikasi yang harus mereka kerjakan, dan lain sebagainya sehingga mereka benar-benar siap dengan tugas mereka ketika terjadi bencana tersebut,” ujar Genius Umar.

Walikota Pariaman menjelaskan, kelompok-kelompok siaga bencana yang telah dilatih ini, tempatkan mereka di posko-posko covid yang telah ada disetiap desa, sehingga BPBD bisa turun langsung kesemua desa untuk melakukan pembinaan kepada kelompok siaga bencana yang ditempatkan di posko covid tersebut.

“Harapan saya, anda semua yang mengikuti bimtek pada hari ini bisa mengikutinya dengan cara seksama, karena ilmu ini sangat bermanfaat untuk semua, untuk keluarga kita,  dan juga untuk masyarakat kita, semoga kita semua terhindar dari bencana yang datang,” ujarnya.

Jikapun jelasnya, ada Insya Allah semua sudah siap menghadapinya dengan bantuan dari BPBD dan kelompok siaga bencana yang telah terbentuk sebelumnya. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional