Menu

Persiapan Tes Oke, Pelamar CPNS Bisa Siap-siap, Arfian: Tinggal Tunggu Petunjuk Teknis Pusat

  Dibaca : 60 kali
Persiapan Tes Oke, Pelamar CPNS Bisa Siap-siap, Arfian: Tinggal Tunggu Petunjuk Teknis Pusat
Arfian Kepala BKPSDM Kota Padang

AIA PACAH, METRO–Badan Kepegawaian, Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang mengaku sudah siap untuk melaksanakan tes CPNS. Namun tes belum bisa dilaksanakan, karena sampai saat ini pihaknya masih menunggu petunjuk teknis pelaksanaan dari Kemen­terian Dalam Negeri dan BKN.

“Persiapan sudah oke, cuma petunjuk teknisnya belum turun dari pusat. Sampai saat ini kita masih menunggu,” kata Kepala BKPSDM Kota Padang Ar­fian, Senin (21/6).

Ia memprediksi, petun­juk teknis ini akan turun pada akhir Juni 2021 ini. Bagi yang hendak mendaftar, bisa segera bersiap-siap, sesuai dengan formasi yang tersedia.

Untuk tahun ini, untuk kuota CPNS hanya  118 orang dan  PPPK sebanyak 12 orang. Selain itu, untuk guru, semua statusnya PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Jumlahnya sebanyak 476 orang.

“Kuota CPNS kita untuk formasi di OPD teknis ada­lah sebanyak 118 dan 12 orang. Namun yang 12 orang statusnya PPPK. Selain itu, ada lagi sebanyak 476 orang terdiri dari guru dengan status PPPK,” kata Arfian.

Bagi pelamar yang ber­minat ikut seleksi CPNS agar bisa mendaftar se­cara online nantinya  me­lalui situs https//sscasn.­bkn.go.id/. Selain itu, pen­cari kerja yang tertarik, disa­ran­kan untuk memper­siapkan diri sebelum pem­bukaan pendaftaran. Ada sejumlah syarat yang ha­rus dipenuhi saat mela­kukan pendaftaran serta juga menyiapkan diri untuk menjalankan tes.

Sejumlah dokumen yang perlu disiapkan saat melakukan pendaftaran adalah Kartu Keluarga, Kar­tu Tanda Penduduk (KTP), Ijazah, Transkrip Nilai, Pas Foto, dan doku­men lain sesuai dengan ketentuan instansi yang dituju termasuk SKCK.

Sementara itu, untuk tahapan seleksi CPNS se­be­narnya tidak jauh ber­beda dari tahun ke tahun. Salah satunya seleksi ad­mi­nistrasi berada pada la­man sscn.bkn.go.id. Mas­yarakat diharuskan men­daftar dulu sebelum men­da­patkan kartu pendaf­taran. Setelahnya akan diminta mengunggah se­jum­lah dokumen yang akan diverifikasi

Sebelumnya, sem­pat­ ­d­ijad­walkan­ pengu­mu­man CPNS ini akan diumumkan secara resmi oleh BKPSDM Kota Padang pada 4 Juni. Sementara pendaftaran seleksi online adalah dari tanggal 4-21  Juni 2021.

Sejalan dengan itu, dari tanggal 4-30 Juni dilakukan seleksi berkas administrasi calon peserta yang men­daf­tar. Dan pengumu­man hasil seleksi administrasi ini dilakuka  pada tanggal 30 Juni 2021. Namun semua jadwal itu urung dilak­sanakan. Karena sampai saat ini, petunjuk teknisnya belum ada dari pusat.

Sementara itu, Ber­da­sarkan Surat Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Re­formasi Birokrasi (Menpan RB) tambahan ASN secara nasional pada tahun ang­garan 2021 untuk peme­rintah pusat dan daerah sebanyak 1.275.387 orang.

Adapun, rinciannya se­banyak 83.669 orang untuk pemerintah pusat, terbagi atas 57.547 orang untuk ASN dan 26.122 orang un­tuk pegawai pemerintah de­ngan perjanjian kerja (PPPK). Sementara untuk pemerintah daerah se­banyak 1.191.718 orang, terbagi atas 119.094 orang untuk PNS dan 1.072.623 orang untuk PPPK.

Pengumuman dan pen­daf­taran rekrutmen CPNS 2021 masih menunggu per­siapan rampung. Pejabat Kementerian Penda­yagu­naan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Ke­menpan RB), sebelumnya mengatakan seleksi CPNS ini masih dipersiapkan.

 ”Mudah-mudahan da­lam waktu dekat akan se­gera disampaikan (jadwal pendaftaran CPNS),” kata Pelaksana Tugas (Plt) Ke­pala Biro Hukum, Komu­ni­kasi dan Informasi Publik (HUKIP) Kemenpan RB Mo­ham­mad Averrouce. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional