Menu

Persiapan Penjualan Daging Idul Fitri, Pasar Ternak Mulai Ramai

  Dibaca : 74 kali
Persiapan Penjualan Daging Idul Fitri, Pasar Ternak Mulai Ramai
TINJAU— Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Padangpariaman Bustanil Arifin tinjau pasar ternak di Pasar Pakandangan.

PDG. PARIAMAN, METRO
Sejumlah pasar ternak di Kabupaten Padangpariaman mulai ramai oleh pembeli sapi dan kerbau untuk persiapan penjualan daging pada Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Padangpariaman Bustanil Arifin mengatakan, saat melakukan pantauan di dua pasar ternak yaitu di Pakandangan, Kecamatan Anam Lingkuang dan Sintuak, Kecamatan Sintuak Toboh Gadang yang kondisinya sudah mulai ramai pembeli.

Ia mengatakan, meskipun pada minggu ini belum memasuki puncak penjualan ternak untuk kebutuhan lebaran namun jumlah sapi yang didatangkan dan pembeli yang datang sudah banyak dari hari biasanya.

Ia menyebutkan pada hari ini ada 114 kerbau didatangkan ke pasar ternak Pakandangan dan 94 kerbau dan sapi di pasar ternak Sintuak. Sedangkan harga kerbau termahal yang terjual hari ini di pasar tersebut mencapai Rp 50 juta dan Rp 41,5 juta yang hal itu disesuaikan dengan ukurannya yang juga besar. “Biasanya untuk minggu depan sapi dan kerbau yang dibawa penjual habis dibeli oleh pembeli,” katanya.

Ia menyampaikan, selain Pakandangan dan Sintuak ada empat pasar ternak lainnya di Padang Pariaman yaitu Kampung Dalam di Kecamatan V Koto, Sungai Garinggiang di Kecamatan Sungai Garinggiang, Sungai Sarik di Kecamatan VII Koto, dan Kasang di Kecamatan Batang Anai.

Ia mengatakan pasar ternak yang paling ramai yaitu di Sungai Sariak dengan jumlah sapi dan kerbau yang dijual dalam sehari mencapai 500 ekor. Kemudian, pihaknya telah memantau kondisi penjualan dan kesehatan ternak yang dijual untuk memastikan kondisi terkini dan ternak yang dijual tidak terkontaminasi penyakit. “Dua minggu memasuki bulan puasa kami sudah memantau pasar-pasar ternak di Padang Pariaman,” ujarnya. (ozi)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional