Close

Persiapan Momen Menjelang Lebaran 1443 H, Pemprov Sumbar Diingatkan untuk Memperbaiki Jalan Rusak

Aprisal PB Ketua Komisi II DPRD Sijunjung.

SIJUNJUNG, METRO–Dewan Perwakilan Rak­yat Daerah (DPRD) Kabupaten Sijunjung meminta Pemprov Sumbar untuk melakukan percepatan perbaikan jalan-jalan pro­vinsi yang ada di Kabupa­ten Sijunjung.  Permintaan itu disampaikan DPRD me­lalu Pemkab Sijunjung mengingat masih ba­nyak­nya jalan yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi yang mengalami kerusakan yang cukup memprihatinkan. Sehingga mengancam keselamatan pengendara sebagai pengguna jalan. Di sisi lain, hal itu juga mengingat persiapan jelang momen lebaran yang semakin dekat.

Ketua Komisi II DPRD Sijunjung Aprisal Putra Bungsu mengatakan, ba­nyaknya jalan provinsi mau­pun Kabupaten yang rusak membuat resah pa­ra pengguna jalan, terutama bagi pengendara yang baru melalui jalan jalan rusak, bahkan bisa me­nimbulkan terjadinya ke­celakaan.

”Apalagi dengan momentum mudik lebaran yang tinggal beberapa bulan, hal tersebut harus dipersiapkan dengan baik oleh pemkab berkoordinasi dengan pihak Pemprov Sumbar,” tutur Aprisal, kemarin.

Ditambahkan Aprisal, sudah waktunya pemerintah memperbaiki jalan yang rusak, terutama jalan yang menjadi akses utama dan banyak dilalui masyarakat. “Semua ini untuk kebutuhan dan keselamatan ma­syarakat Kabupaten Sijunjung mau­pun pengguna jalan lainnya,” kata Politisi Partai Amanat nasional (PAN) tersebut.

Sehingga, tambahnya pemerintah daerah termasuk provinsi harus memperhatikannya, pemerintah daerah bisa melakukan kolaborasi dengan Pemprov Sumbar untuk percepatan perbaikan ja­lan yang rusak. Sehingga proses perbaikan pun bisa berjalan lancar, tanpa melihat apakah itu jalan yang dikelola pemerintah provinsi, pusat, atau kabupaten dan kota.

”Yang jelas jalan ini demi kepentingan ma­syarakat banyak, jangan melihat apakah itu jalan provinsi, kabupaten/kota, atau jalan nasional. Selain melakukan percepatan perbaikan jalan, pemerintah pun perlu menjaga daya tahan dan kualitas pembangunan jalan, se­hingga tidak mudah rusak,” kata Aprisal.

Meski demikian, pihaknya juga mengakui bahwa perbaikan jalan nasional, provinsi dan kabupaten pada sejumlah titik sudah diperbaiki. “Kita apresiasi karena pada beberapa titik memang su­dah diperbaiki, dan Alhamdulillah itu dirasakan manfaatnya bagi pengguna jalan. Namun masih ada titik lainnya yang me­ngalami kerusakan, kita berharap proses pengerjaannya bisa segera dilakukan, baik itu jalan nasional, provinsi maupun jalan kabupaten,” harap Aprisal.

Selain itu, pihaknya mengingatkan agar dinas terkait bisa meningkatkan kualitas dan ketahanan jalan salah satunya yaitu dengan cara meningkatkan kualitas drainase. ”Drai­nase pun perlu dijaga, karena genangan air sangat besar pengaruhnya terhadap jalan. Jalan akan cepat rusak kalau sering tergenang air,” kata Aprisal. (ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top