Close

Persiapan ETLE Belum Tuntas, Polisi Tetap Tindak Pelanggar Lalin Manual di Kota Bukittinggi

ATUR LALU LINTAS— Personel Sat Lantas Polres Kota Bukittinggi melakukan pengaturan lalu lintas di ruas jalan utama Kota Bukittinggi.

BUKITTINGGI, METRO–Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Bukittinggi masih melakukan penilangan secara manual karena persiapan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) belum rampung secara keseluruhan.

“Penindakan menggu­nakan ETLE ini berhubungan dengan jaringan internet dan membutuhkan bandwidthyang cukup besar, saat ini dilakukan proses penambahan bandwidth, oleh se­bab itu untuk sementara waktu penindakan pelanggaran lalu lintas tetap dengan tilang manual,”kata Ka­satlantas Polresta Bukittinggi, AKP Ghanda Novidiningrat, Jumat (20/1).

Ia mengatakan, penerapan ETLE tidak hanya akan dilaksanakan oleh Polresta Bukittinggi, namun ada empat Polres lain yang juga akan menerapkan hal yang sama.

Menurutnya, pemberlakuan kembali tilang manual di wilayah hukum Polresta Bukittinggi sudah sesuai petunjuk dan arahan dari pimpinan Dirlantas Polda Sumatera Barat.

“Untuk perangkat telah tersedia, baik itu back office maupun front office-nya, termasuk smartphone yang akan digunakan oleh petugas di lapangan,” katanya

Ia menegaskan penindakan dengan tilang manual tidak serta merta dilakukan untuk semua jenis pelanggaran lalulintas yang ditemukan petugas.

“Ada beberapa pelanggaran yang menjadi prioritas, seperti TNKB yang tidak sesuai aturan yang dikeluarkan Polri, tidak menggu­nakan helm, kemudian pelanggaran penggunaan knalpot bising termasuk pelanggar yang menjadi prioritas lainnya,” katanya.

Menurutnya untuk pelanggaran knalpot bising, kendaraan tersebut akan diamankan terlebih dahulu sebagai barang bukti agar menimbulkan efek jera kepada pelanggar.

“Setiap kendaraan yang menggunakan knalpot bising, kepada pemilik kita minta untuk mengganti knalpot bising tersebut, dan kita akan lakukan penyitaan,” ujarnya.

Ia mengatakan, sambil menunggu proses pemenuhan bandwidth ETLE, pemberlakuan tilang manual akan tetap dilakukan sebagai langkah antisipasi terkait pelanggaran lalu lintas yang tidak terekam oleh sistem.

“Kami mengimbau dan mengingatkan kepada pengguna kendaraan, dalam ber­kendara untuk selalu mematuhi aturan dalam berlalu lintas dan lengkapi dokumen-dokumen yang di wajibkan,” katanya. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top