Close

Persentase Vaksinasi Lansia Rendah, PTM belum bisa Full, Kota Padang Kembali Berstatus PPKM Level 2, Arfian: Sekolah masih 4 Jam, Kehadiran 50 Persen Siswa

AIA PACAH, METRO–Pj Sekda Kota Padang, Arfian menyebutkan se­suai instruksi Mendagri (In­men­dagri) Nomor 02 Tahun 2022 tentang Pem­berlakuan Pem­batasan Ke­giatan Ma­syarakat (PPKM) level 3, 2, dan 1, Kota Padang tetap di level 2. Perpanjangan PPKM Level 2 di Kota Padang ini dimulai dari 4 Januari 2022 hingga 17 Januari 2022 men­datang.

Masalahnya adalah ka­rena realisasi vaksinasi lansia masih diangka 48 persen. Sementara untuk keluar dari predikat level 2 adalah vaksinasi lansia harus diatas 60 persen.

“Ada yang jadi perha­tian utama, karena vaksi­nasi lansia di Kota Padang masih rendah, makanya kita tetap di level 2 saja. Belum bisa ke PPKM level 1,” terang Arfian, kemarin.

Dikatakan Arfian, ba­nyak lansia yang enggan disuntik vaksin karena ter­makan isu-isu negatif dari pihak pihak yang tak ber­tanggungung jawab. Pada­hal sampai saat ini, vaksi­nasi Covid-19 aman bagi lansia.

Lansia kita banyak yang bapandapek, nan mati kamati juo nyo. Dak gara-gara indak divaksin do,” ungkap Arfian menyebutkan kendalanya.

Dalam kondisi seperti ini ia mengimbau kepada semua masyarakat agar tetap memberikan masu­kan positif kepada lansia yang ada di sekitar mereka bahwa vaksin itu aman. Karena sepanjang lansia tidak mau divaksin, maka Padang tetap di level 2. Anak-anak tidak bisa ber­ sekolah penuh. Cuma 50 persen saja mereka boleh beraktifitas di sekolah.

“Sampai bilo anak-anak awak ka mode ko. Kini sakola hanya 4 jam sajo karena status level 2 ko,” kata Arfian.

Dikatakannya, saat ini realisasi vaksinasi masya­rakat biasa sudah diatas 80 persen. Sementara lansia 48 persen. Arfian tak yakin pada 17 Januari 2022 nanti vak­sinasi lansia mencapai 60  persen. Karena masih ada kekurangan 12 persen lagi.

“Sekitar 13 persen dari total lansia itu banyak, makanya kita tak yakin tanggal 17 Januari bisa diangka 60 persen. Tapi bagaimanapun kita tetap bekerja keras untuk itu,” tandas Arfian. (tin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top