Close

Persentase Vaksinasi 48,7 Persen, Kesembuhan 97 Persen, Pemko Optimis Padang Berstatus PPKM Level II

Arfian Pj Sekda Kota Padang.

AIAPACAH, METRO–Hari ini, Senin (18/10) 2021ada­lah penentuan apakah Kota Pa­dang tetap di Pemberlakukan Pem­batasan Kegiatan Masya­rakat (PPKM) level 4 atau turun ke level 3. Pj Sekda Kota Padang, Arfian merasa yakin dan optimis status PPKM level 4 tersebut di­cabut dari Kota Padang dan Pa­dang akan berada di PPKM level 2.

Arfian menjelaskan, hingga Sabtu (16/10), rea­lisasi pencapaian vaksinasi Kota Padang sudah di ang­ka 48,7 persen. Sementara untuk keluar dari level 4 ke level 3 cuma butuh persen­tase vaksinasi 45 persen. Dengan telah melewati  standar level 3, ia yakin, Kota Padang akan me­ngan­tongi level 2.

“Sesuai dengan perka­taan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto pada kita, Kota Padang ini sudah level 2. Karena pencapaian di angka 48,7 persen. Ting­gal saja menunggu jadwal pengumuman resmi yang akan disampaikan peme­rin­tah pusat Senin. Kalau secara lisan, pak Airlangga sudah menyampaikan,” sebut Arfian.

Dengan mengantongi level 2, maka semua akti­fitas akan kembali dibuka. Seperti Pembelajaran Ta­tap MUka (PTM), setor pari­wisata dan lainnya. Dan ekonomi Padang akan kemb­ali hidup.

Sebelumnya diketahui, Juru­ Bicara Covid-19 Sum­bar Jasman Rizal mengikut rapat bersama Menko Bi­dang Perekonomian Air­langga Hartarto, Sabtu (16/10). Dalam rapat secara virtual itu melakukan pem­bahasan evaluasi PPKM luar Pulau Jawa dan Bali.

Menko Airlangga me­nyampaikan, jika PPKM Kota Padang sudah level II dalam evaluasi rutin. Ha­nya saja semuanya akan menunggu instruksi resmi dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Jasman menjelaskan, dalam rapat yang dihadiri sejumlah pemerintah pro­vinsi dan Satgas Covid-19 di luar Jawa dan Bali itu, Menko menjelaskan penu­runan level ditetapkan ka­re­na sejumlah indikator yang dinilai sudah baik. Terutama capaian vaksi­nasi di Kota Padang.

Selain capaian persen­tase vaksinasi yang sudah menanjak naik, positivity rate di Kota Padang ren­dah, tingkat positif covid-19 sedikit, kesembuhan juga di atas 97 persen.

Berdasarkan data eva­luasi dari pemerintah pusat terangnya, tidak ada lagi daerah di Sumbar yang termasuk ke dalam PPKM Level 4. Satu termasuk PPKM level 3 yaitu Kota Solok. Sementara PPKM level 1 ada tiga daerah yaitu Kabupaten Padang­pariaman, Kota Pariaman, Padangpanjang. Sedang­kan sisa daerah lainnya termasuk ke PPKM level 2. (tin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top