Menu

Perpustakaan Kota Padang Kurang Diminati, Buku, SDM dan Mobiler Minim

  Dibaca : 83 kali
Perpustakaan Kota Padang Kurang Diminati, Buku, SDM dan Mobiler Minim
Perpustakaan Kota Padang

PADANG, METRO – Perpustakaan Kota Padang yang berada di kawasan Gor Haji Agus Salim kurang diminati pembaca karena dinilai tidak representatif. Kecilnya bangunan, kurang maksimalnya pelayanan serta koleksi buku yang minim membuat perpustakaan tersebut kurang diminti pembaca.

Yang membuat Perpustakaan Kota Padang dinilai belum representatif karena bangunannya kecil dan sampai saat ini statusnya masih menumpang. Bangunan pustaka sifatnya hanya hak pakai saja, sebab kepemilikaannya adalah Provinsi Sumatera Barat.

Kepala Bidang (Kabid) Perpustakaan dan Arsip Kota Padang, Ramson mengakui daya tampung Perpustakaan Kota Padang sangat terbatas karena kecilnya bangunan.

“Daya tampungnya hanya bisa 50 orang, sementara standarnya 100 orang,” ujarnya ramson,Rabu (21/8).

Selain persoalan daya tampung, Sumber Daya Manusia (SDM) dan mobilernya juga masih banyak yang kurang. Menurutnya, seharusnya untuk SDM yang lengkap itu harus ada 20 orang. 10 untuk pustakawan dan 10 orang lagi untuk bagian administrasi.

“Saat ini personil yang ada hanya 8 orang dengan 1 pustakawaan. Kalu untuk pelayanan standar, kekurangannya masih banyak” terangnya.

Mantan Kasi Kurikulum Disdik Padang ini juga berharap, pemerintah Kota Padang dapat memperhatikan hal tersebut, sehingga minat baca meningkat dan pelayanan maksimal.

Menurutnya untuk gedung yang representative itu , seharusnya lokasi yang layak untuk pembangunan perpustakaan di sebelah kantor Dinas Pendidikan Kota Padang.

“ Karena itu butuh proses, tentu mekanismenya kita serahkan pada pimpinan daerah. Jika terealisasi hal ini, maka pustaka Padang semakin diminati masyarakat,’ jelasnya.

Sementara untuk judul buku, yang hari ini baru 8 ribu judul. Seharusnya ketersediaan judul itu 20 ribu. Ini agar pembaca tidak bosan menyambangi pustaka.
“Kemudian sarana yang perlu dilengkapi lagi yaitu sarana diskusi bagi pembaca seperti ruangannya, mobilernya, dan tempat parkir kendaraan untuk pengunjung,” sebut Mantan Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Padang ini.(ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional