Menu

Permudah Layanan, Disdukcapil Kabupaten Agam Luncurkan Inovasi

  Dibaca : 91 kali
Permudah Layanan, Disdukcapil Kabupaten Agam Luncurkan Inovasi
LAPAK DILA—Kepala Disdukcapil Agam Misran menandatangani inovasi mempermudah layanan kependudukan bersama Pengadilan Agam dengan membuka Lapak Dila.

AGAM, METRO–Untuk mempermudah ma­sya­rakat dalam mendapatkan pela­yanan kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agam meluncurkan inovasi baru bersama Pengadilan Agama (PA) Lubuk Basung. Inovasi bertajuk Pelayanan Prima Administrasi Kependudukan dengan Integrasi Pengadilan Agama (Lapak Dila) itu diluncurkan Kamis (24/6), yang ditandai dengan penan­da­tanganan kerja sama antara Ke­pala Disdukcapil Agam, Misran dengan Ketua PA Lubuk Basung, Laila Novera Bakar di Aula Kan­tor PA Lubuk Basung.

Kepala Disdukcapil Kabu­paten Agam, Misran menga­takan inovasi Lapak Dila merupakan inovasi tercepat dari seluruh inovasi yang ada di Disdukcapil Agam. “Melalui kerja sama ini, nantinya status yang bersang­kutan di KTP dan KK akan ber­ganti cerai hidup setelah hakim memutuskan kasus perceraian itu,” ujar Misran.

Sebelum adanya kerja sama itu, imbuh Misran, yang menjadi syarat pengurusan perubahan status di KTP dan KK ialah yang bersangkutan harus melam­pirkan surat putusan hakim. “Artinya, sebelum ada Lapak Dila, masyarakat yang mengurus dokumen itu sendiri, namun kini kita yang menguruskan dengan tanpa pungutan biaya,” ucap Misran.

Disebutkan, selain Lapak Dila saat ini ada delapan inovasi dari Pelayanan Prima Administrasi Ke­pendudukan Akurat Gratis Adil dan Menyenangkan (LAPAK AGAM).

Delapan inovasi itu antara lain, Informasi Dukcapil Ada di Genggam Anda (SMS Gaet Way), pelayanan sehari siap atau kini sudah satu jam siap (One Day Service), Urusan Satu Dapat Dua atau Tiga (UDA).

Jemput Bola (Jebol) atau sis­tem pelayanan keliling (Siskam­ling), Pelayanan Lebaran, Sistem Perekaman Tiap Hari ke Sekolah (Simpatik) sebelum COVID-19, Pelayanan Administrasi Kepen­dudukan dengan WA (PAK DEWA dan LAPAK DILA.). “Semua ino­vasi itu kita hadirkan untuk me­mu­dahkan masyarakat dalam men­dapatkan pelayanan ad­minis­trasi kependudukan,” sebut Misran.

Semetara, Ketua PA Lubuk Basung Laila Novera Bakar me­nu­turkan, saat ini inovasi yang diluncurkan itu dapat diman­faat­kan masyarakat di Kecamatan Lubuk Basung, Tanjung Mutiara, Palembayan dan Ampek Nagari.  “Semoga inovasi juga bisa dira­sa­kan masyarakat luas, dan kita berharap akan lahir inovasi lain an­tara PA dan Disdukcapil Agam,” kata Laila.

Ditambahkannya, untuk me­wu­judkan pelayanan prima, pi­hak­nya akan mensosialisasikan ino­vasi tersebut kepada ma­syarakat. “Jadi kedepan masya­rakat akan tahu bahwa setelah hakim me­mutuskan, maka KTP dan KK mereka dengan status yang baru langsung bisa diambil di Kantor PA atau Disdukcapil,” ujar Laila. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional