Close

Permudah Aktivitas Warga, Pemkab Agam Terus Benahi Infrastruktur

JALAN BERLUBANG— Kondisi jalan berlubang di Jorong Labuhan, Nagari Tiku V Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara merupakan salah satu infrastruktur yang menjadi prioritas pembangunan yang dilakukan oleh Pemkab Agam.

AGAM, METRO–Pada semester I Tahun Anggaran 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam melalui beberapa OPD telah merealisasikan pembangunan infrastruktur di beberapa lokasi yang ada di Kabupaten Agam.

Diantaranya yaitu, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM lakukan pembangunan pasar Inpres Padang Baru Lubuk Basung, Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan bangun dan rekontruksi infrastruktur pertanian di berbagai Kecamatan.

Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupa­ten Agam juga lakukan pembangunan infrastruktur kerakyatan di beberapa titik salah satunya adalah pembangunan jalan di Jo­rong Labuhan, Nagari Tiku V Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara.

Rekontruksi jalan Durian Kapeh – Labuhan ini menggunakan dana alokasi khu­sus reguler tahun anggaran 2022 yang bersumber dari dana APBD dengan nilai kontrak Rp.5.158.803.800,- dengan panjang jalan 3km dan lebar 3 meter yang dikerjakan oleh PT. Anugerah Karya Bersama Persada.

Kepala Dinas PU dan Tata Ruang Kabupaten Agam menyampaikan, de­ngan rekontruksi jalan ini semoga bisa memperlancar mobilitas dan memangkas jarak tempuh masya­rakat yang sebelumnya jalan tersebut rusak sehingga masyarakat membutuhkan waktu lebih untuk menuju ke lokasi tertentu.

Hal senada juga disampaikan Mardios, Walinagari Tiku V Jorong. Dikatakannya, rekontruksi ini me­rupakan dambaan masya­rakat khususnya di Nagari Tiku V Jorong dimana akses tersebut sangat diperlukan masyarakat dalam menunjang ekonomi.

“Pengaspalan jalan yang telah selesai tersebut kami merasa bersyukur karena selama ini yang kami dambakan alhamdulillah pada hari ini telah terealisasi sepenuhnya” ucap Mardios

Rekontruksi jalan ini sangat berdampak terhadap akses transportasi masyarakat, baik dari segi ekonomi bagi nelayan yang menjual hasil laut dengan harga yang sedikit tinggi ke luar daerah, petani sawit juga dapat membawa hasil panennya lebih banyak, pelaku usaha ke­cil bisa dengan mudah berdagang masuk ke wilayah Jorong Labuan.

Zal seorang petani sa­wit mengatakan saat ini merasakan kemudahan akses jalan dimana dia dapat memangkas jarak tempuh sekitar 15 menit dan dapat mengirimkan hasil sawit 3 ton lebih dari yang biasanya serta tidak khawatir memikirkan biaya perbaikan kendaraan akibat jalanan yang rusak.

Perbaikan jalan ini juga dirasakan oleh guru SD di Labuhan yang berasal dari luar Nagari Tiku V Jorong  karena akses yang ditempuh sudah bagus  sehingga dengan adanya rekontruksi ini waktu tempuh perjalanan bisa dipercepat dan nyaman dalam perjalanan.

Masyarakat Jorong Labuhan mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Agam di bawah kepemim­pinan Bupati Dr Andri Warman, MM yang telah merealisasikan rekontruksi jalan dengan pembangunan da­lam waktu yang singkat.

 “Kami sangat senang dengan pembangunan yang sangat cepat ini, dan kami masyarakat Labuhan mengucapkan terimakasih banyak kepada Bupati Agam atas perbaikan jalan yang ada di wilayah kami” ucap Meneris masyarakat Jorong Labuhan.

Di lain pihak Badan Penanggulangan Bencana Da­erah Kabupaten Agam saat ini juga sedang melakukan pembangunan  jembatan menggunakan dana hibah BNPB di jembatan Ujung Karang dengan nilai kontrak Rp633.069.500 yang dikerjakan oleh CV Bintang Sago Jaya, dan jembatan Labuan dengan nilai kontrak sebesar Rp952.965.500 yang dikerjakan oleh CV Anugerah Bunda dengan perkiraan 2 jembatan ter­sebut selesai pada Bulan Oktober 2022 dengan panjang 7,6m dan lebar 6m.

Sekretaris BPBD , Hardoni berharap dengan ada­nya jembatan ini semoga berguna dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Semoga jembatan ter­sebut bermanfaat bagi masyarakat dalam penanggulangan pasca bencana di Labuhan” tutur Hardoni

Pemerintah Kabupaten Agam sepanjang tahun 2022 ini akan terus melakukan pekerjaan infrastuktur di beberapa titik lokasi yang merata di berbagai Kecamatan yang ada di Kabupaten Agam. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top