Close

Perlu Dukungan Semua Pihak, PKK Padangpariaman Terus Lakukan Sosialisasi Stunting

SAMBUTAN—Ketua TP PKK Padangpariaman Yusrita Suhatri Bur saat berikan sambutan pada kegiatan sosialisasi penurunan angka stunting.

PDG.PARIAMAN, METRO–Ketua TP PKK Padangpariaman Yusrita Suhatri Bur menyatakan PKK hingga kini terus melaksanakan sosialisasi penurunan angka stunting. “Sekarang kita melakukan sosialiasi  dan ini adalah bentuk kepe­dulian percepatan penurunan stunting yang kita lakukan,” kata Ketua TP-PKK Kabupaten Padangpariaman Yusrita Suhatri Bur, kemarin.

Katanya ini adalah  sosialisasi stunting dengan tema peran TP-PKK dalam upaya percepatan penurunan angka stunting. Ke­giatan tersebut dibuka Kepala Dinas Kesehatan Pa­dangpariaman, dr. H. Aspinudin dengan peserta Tenaga Pengelola Gizi  ( TPG ) Puskesmas, Bidan Desa dan Walinagari locus Stunting 2023.

Yusrita suhatri Bur me­nyampaikan, Stunting a­dalah kondisi gagal tumbuh kembang balita yang di aki­batkan oleh kekurangan gizi mulai dari 1000 hari pertama kehidupan yang ditandai dengan tumbuh badan tidak sesuai dengan usia.

“Kunci pencegahan stunting dan penanganan stunting dimulai dari 1000 hari pertama kehidupan/kelahiran (HPK) yaitu dari hari pertama kehidupan,” ujarnya.

Sehingga katanya, perhatian ibu hamil dan balita melalui intervensi gizi s­pesifik maupun intervensi gizi sensitive. Perlu terus kita upayakan dan dibutuhkan keterlibatan semua pihak yang terkait dan berkomitmen menangani stunting.

Katanya, stunting merupakan ancaman utama terhadap kualitas hidup ma­syarakat, juga ancaman terhadap kemampuan da­ya saing bangsa.

Hal ini dikarenakan a­nak stunted, bukan hanya terganggu pertumbuhan fisiknya (Bertubuh Pendek/ Kerdil) saja, melainkan juga anak mudah terkena penyakit, terganggu per­kem­bangan otaknya, yang mana tentu akan sangat mempengaruhi kemampuan dan prestasi di se­kolah, produktivitas dan kreativitas di usia-usia produktif.

Dia berharap sosialisasi stunting merupakan su­a­tu langkah penting yang harus dilakukan untuk memastikan sejauh mana pengetahuan dari pengurus dan anggota PKK da­lam upaya intervensi pen­cegahan dan penurunan stunting yang dilakukan secara bersama-sama an­tara OPD dan Lintas Sektor sehingga upaya kita dalam penurunan stunting dapat te­realisasi.(efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top