Close

Perlintasan KA Kota Pariaman sangat Rawan Kecelakaan

KUNJUNGAN— Wako H Genius Umar saat menerima kunjungan Kepala Divre II PT Kereta Api Indonesia (KAI) Sumbar, Kuncoro.

PARIAMAN, METRO–Wali Kota Pariaman H Genius Umar melakukan diskusi bersama Kepala Divre II PT Kereta Api Indonesia (KAI) Sumbar, Kuncoro.

Kunjungan pejabat PT KAI Sumbar ke Kota Pariaman tersebut dimanfaatkan oleh Walikota Pariaman untuk meminta beberapa hal pembangunan terkait transportasi kereta api yang sangat diminati oleh wisatawan ini.

Pertama, Genius minta agar PT KAI Sumbar menyediakan gerbong khusus sepeda, dimana sangat membantu para gowes di Sumbar untuk menikmati keindahan Kota Pariaman.

Di samping itu, wako juga minta agar dibuatkan taman-taman yang indah di stasiun Kota Pariaman.

“Kita ingin stasiun kita terlihat cantik dengan taman-taman bunga disekililingnya. Ditambah lagi sentuhan seni lukisan mural disekitar stasiun dengan tema kereta api,” ungkapnya.

Kemudian, yang paling penting lagi, Genius minta agar PT KAI memperhatikan keamanan di setiap perlintasan kereta api yang sangat rawan terjadinya kecelakaan.

Ia juga instruksikan OPD terkait, camat, kepala desa dan lurah untuk melakukan pelatihan dubalang untuk difungsikan menjaga disetiap perlintasan kereta api di Kota Pariaman.

Dikatakannya juga kunjungan Kepala Divre II PT KAI Sumbar ke Kota Pariaman merupakan tindaklanjut dari pertemuannya dengan Dirut PT KAI difasilitasi oleh Anggota DPR RI Bapak Andre Rosiade beberapa hari lalu.

Genius mengakui bahwa keberadaan PT KAI dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi Kota Pariaman, membuat biaya transportasi menjadi murah.

“PT KAI diharapkan dapat mendukung mening­katkan pariwisata di Kota Pariaman,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Divre PT KAI, Kuncoro juga meminta agar Pemko Pariaman menertibkan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) disekitar stasiun Kota Pariaman.

Selain itu, PT KAI juga berencana akan mengun­dang BPBD terkait tanggap darurat bencana untuk me­latih masinisnya tentang langkah-langkah yang perlu dilakukan saat terjadi gempa dan bencana lainnya.

“Penumpang kereta api bisa memesan tiket kereta melalui KAI Access yang bisa di download di Plays­tore,” tutup Kuncoro. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top