Close

Perkuat Ekonomi Melalui Pertanian, Petani di Sijunjung Terima Bantuan Alsintan

SERAHKAN ALSINTAN— Wabup Iraddatillah didampingi Anggota DPRD Provinsi, Daswanto, Kadis Pertanian Sijunjung, Ir.Ronaldi menyerahkan 26 unit Alsintan kepada kelompok tani.

SIJUNJUNG, METRO–Sejumlah kelompok tani di Sijunjung kembali menerima bantuan alat mesin pertanian (Alsintan). Pembagian bantuan itu bertujuan untuk memperkuat ekonomi masyarakat melalui sektor pertanian. Sebanyak 26 unit Alsintan yang bersumber dari APBD Provinsi Sumbar itu diserahkan kepada 26 kelompok tani yang tersebar pada delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Sijunjung. Pada Rabu, (7/9).

Penyerahan dilakukan di Kantor Dinas Pertanian Sijunjung yang dihadiri oleh Dinas Pertanian Provinsi, Wabup Iraddatillah, Anggota DPRD Provinsi, Daswanto dan Kadis Pertanian Sijunjung, Ir.Ronaldi.

Wabup Sijunjung Iraddatillah mengatakan, salah satu upaya pemerintah daerah dalam menekan inflasi dengan cara memperkuat ekonomi ma­syarakat melalui produktivitas pertanian di daerah. “Sumbar menjadi salah satu daerah yang terdampak inflasi, bahkan berada di posisi kedua di tingkat nasional. Inflasi merupakan kenaikan harga ba­rang dan jasa yang terus meningkat. Di tengah situasi seperti saat ini langkah yang paling tepat adalah memperkuat sektor pertanian, terutama kita di Sijunjung yang merupakan basis perekonomiannya pertanian,” tuturnya.

Iraddatillah mengapresiasi langkah Pemprov Sumbar dan DPRD Provinsi. “Kita terima kasih kepada provinsi dan anggota DPRD Daswanto yang telah menyalurkan bantuan Alsintan untuk Sijunjung. Karena kita akui APBD kabupaten tidak mencukupi untuk itu,” terang Wabup.

Pihaknya berharap agar kegiatan seperti ini rutin dilakukan untuk Sijunjung. “InsyaAllah kalau pertanian kita kuat, produksi meningkat akan berdampak pada perekonomian masyarakat yang lebih baik. Apalagi dengan situasi sulit seperti saat ini,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pertanian Sijunjung, Ir.Ronaldi mengatakan bahwa selama tahun 2022, Sijunjung telah menerima sebanyak 70 unit Alsintan dari provinsi. “Secara keseluruhan sudah 70 unit, penyerahan dilakukan secara bertahap. Sebanyak 48 unit merupakan Pokir DPRD provinsi,” papar Kadis Pertanian.

Dikatakan, penyaluran bantuan kepada petani merupakan upaya Pemkab Sijunjung untuk mendorong sektor pertanian. “Pemda berupaya untuk meminimalisir persoalan dan masalah seputar pertanian yang ada pada petani. Sehingga dengan bantuan ini  produktivitas pertanian kita di Sijunjung bisa meningkat,” jelas Ronaldi. Kadis Pertanian mengimbau agar kelompok tani penerima bantuan mampu melakukan pemeliharaan Alsintan secara rutin, agar bisa digunakan dalam waktu yang lama. “Perawatan Alsintan harus rutin dilakukan agar bisa tahan lama. Kelompok tani harus memperhatikan teknis pemakaiannya, sehingga alat ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang lain,” ujarnya.

Selain dari Pemprov Sumbar, lanjut Ronaldi, sejumlah program bantuan lainnya untuk petani baik berupa peningkatan SDM, bantuan bibit dan Alsintan juga bersumber dari APBN melalui kementrian dan APBD Sijunjung. “Melalui APBD kita juga mengalokasikan anggaran di dinas pertanian untuk mengatasi inflasi ini. Basis perekonomian kita di Sijunjung adalah pertanian, sehingga dampak inflasi di daerah bisa di tekan melalui penguatan sektor ini,” tambahnya. (ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top