Menu

Perketat Keamanan Kampus

  Dibaca : 91 kali
Perketat Keamanan Kampus
Muzni Zen (foto : Ekspos Sumbar)

SAWAHAN, METRO – Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Padang, Muzni Zein meminta kepada seluruh Rektor dari berbagai kampus yang ada di Sumbar, terutama Kota Padang untuk meningkatkan penjagaan pada masing-masing kampus. Hal ini karena seringnya tindakan kejahatan terjadi dan memakan korban yang rata-rata dari mahasiswa itu sendiri.

“Selain itu, tujuannya agar keamanan kampus terjamin terus dan kampus sebagai wadah pendidikan tidak tercoreng secara berkelanjutan. Rektor harus standbykan Satpam dan ketat sistem penjagaan,” ujar kader Gerindra ini.

Selanjutnya, jika personel keamanan sudah ditempatkan namun masih sering terjadi kejahatan, pihak kampus perlu menerapkan penjagaan secara berlapis. Supaya lebih nyaman lagi dan pelaku kejahatan berkurang.

Kemudian, pihak kampus diminta menelusuri dan menyelesaikan masalah yang terjadi, apalagi memakan korban jiwa. Terutama mahasiswa sendiri. “Jangan sampai ini menjadi sorotan banyak publik, nanti yang kena pimpinan kampus juga,” ucapnya, Minggu (21/7).

Lalu, apabila pelaku kejahatan dilingkungan kampus berasal dari warga kampus atau mahasiswa sendiri lanjutnya pimpinan kampus harus berikan sanksi tegas dan usut hingga tuntas.

“Jika perlu keluarkan dari kampus, supaya mereka jera dan kampus sebagai tempat menuntut ilmu aman dan nyaman ke depan,” paparnya.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Padang lainnya, Gustin Pramona mengimbau kepada mahasiswa dan mahasiswi yang ada untuk berhati-hati dan tak memakai barang-barang berharga seperti emas pada anggota tubuhnya, sebab hal itu dapat memancing terjadinya kejahatan.

“Lebih baik simpan di rumah, ada manfaatnya,” ujar kader Demokrat ini.

Selain itu, personel yang ditugaskan pihak kampus terangnya harus sering patroli keliling kampus, ini melihat situasi dan kondisi lingkungan kampus serta mengurangi terjadi aksi kejahatan seperti pencurian kendaraan.

“Jangan security kampus ngetem di pos saja, namun harus aktif berkeliaran,” ucapnya.

Sementara, Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang, Maidestal Hari Mahesa meminta kepada pihak kampus untuk koordinasi dengan Kepolisian setempat jika memang tindak kriminalitas terus meningkat terjadi. Ini supaya mereka bisa membantu memantau dan menyelidikinya serta keamanan kampus terwujud terus menerus.

“Kepada seluruh mahasiswa diminta pro aktif dan melaporkan kepada pihak keamanan jika melihat hal yang mencuriigakan. Jangan takut dan didiamkan saja, nanti yang rugi mahasiswa juga,” sebut Ketua DPC PPP Kota Padang ini. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional