Menu

Perkembangan Validasi Dugaan Data Fiktif PNS Berlanjut

  Dibaca : 86 kali
Perkembangan Validasi Dugaan Data Fiktif PNS Berlanjut
APEL— Semjumlah PNS sedang apel pagi mendapatkan arahan dari pimpinan.

JAKARTA, METRO–Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menegas­kan pi­haknya terus melakukan vali­dasi ter­hadap dugaan data fiktif Pega­wai Negeri Sipil (PNS). Bahkan, BPKP terjun lang­sung ke lapangan untuk meng­klarif­ikasi PNS yang dikate­gori­kan fiktif. Koor­di­nator Forensik Digital dan Pe­ngem­­ba­ngan Kapabilitas Pengawasan Bi­dang In­vestigasi BPKP Totok Prihan­toro me­nga­takan sejak menjadi per­bin­cangan ha­ngat, BPKP diminta mem­ban­tu untuk tu­rut serta melakukan pe­nge­ce­kan ter­hadap dugaan data fiktif PNS ter­sebut.

 “Sampai dengan saat ini proses validasi data PNS yang diduga fiktif masih berjalan,” kata Totok dalam keterangan tertulisnya yang diterima JPNN.com, Rabu (7/7).  Totok juga menjelaskan pihaknya perlu melaku­kan konfirmasi data secara lansung agar memperoleh data yang akurat. “Tim BPKP menggunakan prosedur klarifikasi data secara langsung ke unit kerja atas data ASN yang bersta­tus inaktif dalam Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian,” lanjutnya.

Sementara itu, Koordinator Pe­nga­­wasan Bidang Reformasi Biro­krasi Deputi Politik hukum dan kea­ma­nan Pemberdayaan Manusia dan Ke­budayaan (Polhukam PMK) Lady Martha Boturan Hasian Napitupulu mengatakan agar persoalan data tidak terulang dikemudian hari yang perlu dilakukan adalah mengawal sejak tahap pendaftaran Calon Pega­w­ai Negeri Sipil (CPNS).

“Sebagai Ketua Tim Pengawas Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Pengadaan ASN Tahun 2021, menga­wal setiap tahapan pengadaan ASN. Di tahap pendaftaran, pelamar harus memasukkan NIK, dimana aplikasi SSCASN sudah terintegrasi dengan data kependudukan di Kemendagri,” katanya.(mcr8/jpnn)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional