Menu

Perjalanan Kerja Ketua DPRD ke Kerinci, Syafrial Kani Ajak Investor Pertanian ke Padang

  Dibaca : 258 kali
Perjalanan Kerja Ketua DPRD ke Kerinci, Syafrial Kani Ajak Investor Pertanian ke Padang
KUNJUNGI PABRIK— Ketua DPRD Padang Syafrial Kani saat mengunjungi pabrik PT CASSIA COOP, di Kerinci, Jambi. Kunjungan ini dilakukan bersama Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah.

SAWAHAN, METRO–Ketua DPRD Kota Padang yang juga ketua Ketua DPC Gerindra Kota Padang Syafrial Kani, beberapa hari lalu melakukan ke Kerinci, Provinsi Jambi bersama Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah.

Perjalanan dalam jangka waktu satu malam tepatnya berangkat pada 17 Juli sore hingga 18 Juli malam itu,  kata Syafrial Kani Padang, bertujuan untuk mempertemukan Gu­ber­nur Sumbar langsung de­ngan pemilik Perusahaan PT CASSIA COOP Adrian Akhza.

Sebagai fasilitator, Sya­frial Kani juga menindak­lanjuti kunjungan sebelum­nya Jumat (2/7) lalu, terkait rencana investasi kakap PT Cassia COOP di Sumbar, khususnya di Kota Padang.

Adrian Akhza sendiri merupakan putra asli Balai Baru Kuranji yang saat ini sukses mengembangkan pabrik kulit manis dengan kualitas ekspor. Peru­sa­haan­nya sudah go inter­nasional sampai ke Eropa dan Amerika Serikat.

Selain itu, pria yang bergelar Datuak Rajo Jam­bi itu menyebut kunjungan yang ia lakukan bukan me­ru­pakan kunjungan resmi kedewanan DPRD Padang dan tidak menggunakan dana APBD Kota Padang.

Kunjungan tersebut ber­­­tujuan untuk menum­buh­kembangkan hasil per­ta­nian dan perkebunan di Sumbar agar tembus pasar internasional.

Ia mengakui, dalam pertemuan itu membuah­kan hasil bahwa Adrian berjanji datang ke Sumbar untuk mempre­sen­tasikan usahanya dan akan mem­bantu para pe­tani di Sum­bar khususnya Padang da­lam hal eksport hasil bumi seperti kayu manis, nilam dan pala.

“Saya bersama Guber­nur Sumbar mengunjungi eksportir asal Padang di Ke­rinci yang bernama Adrian. Kami disambut langsung oleh Adrian di pa­briknya, yang mem­peker­jakan karyawan sebanyak 250 orang. Jadi, kunjungan saya ke Kerinci murni ber­tujuan untuk meningkatkan taraf kehidupan petani di Kota Padang dan Sumbar umumnya. Perlu disam­pai­kan juga, kunjungan ter­sebut tanpa menggunakan dana APBD,” katanya.

Lebih lanjut Syafrial Kani menambahkan, po­tensi un­tuk ekspor komoditi hasil bumi dari Sumbar berpe­luang dapat bersaing di pasar internasional, jika di­garap dengan profe­sio­nal.

“Ke depan, Adrian ber­janji kepada kami untuk datang ke Padang dalam hal mempresentasikan ca­ra eksport produk hasil bumi dari Sumbar yang berpeluang besar dipa­sarkan di Eropa maupun Amerika,”  terang­nya.

Selanjutnya, Syafrial Kani menegaskan dalam pertemuan tersebut diri­nya merupakan inisia­tor­nya. “Tidak mungkinlah saya tidak ikut, karena saya inisiator pertemuan pengusaha tersebut de­ngan Gubernur Sumbar,” ujarnya.

Menjawab kenapa be­rang­kat ke Kerinci saat Kota Padang menjalankan pemberlakuan pemba­ta­san kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat, Syahrial Kani menjawab, kunjungan tersebut telah dijadwalkan jauh-jauh hari. Untuk men­cocokkan jadwal perte­muan­nya dengan Guber­nur Sumbar sangatlah su­sah, karena agenda Guber­nur yang sangat padat.

“PPKM Darurat artinya kita bukan tidak boleh be­pergian. Saya ulangi lagi, ke­berangkatan saya ini demi menjawab semua kebutuhan warga kota da­lam hal ini sektor pertanian dan perkebunan. Lebih da­ri 2500 Hektare lahan ter­bengkalai, kenapa tidak kita kembangkan, apalagi gu­ber­nur Sumbar menjan­jikan 10 persen dari APBD untuk pertanian,” tuturnya

“Di samping itu juga kita menjalankan perintah Ba­pak Prabowo Ketua Umum DPP Gerindra yang menya­takan bahwa, kader Ge­rindra harus hadir di tengah te­ngah masya­ra­kat, untuk mem­bangkitkan ekonomi masyarakat di­tengah pan­demi ini,” sambungnya.

Sementara itu, Kasu­bag Humas DPRD Padang Suzi Helda mengatakan, perjalanan Ketua DPRD Padang ke Kerinci bebe­rapa hari lalu bukan per­jalanan kedewanan.

“Artinya perjalanan pak ketua bersama Gubernur Sumbar menggunakan ang­garan pribadi. Bukan per­jalanan dinas,” katanya.

Selain itu, Suzi menye­but­kan, selama PPKM tidak ada kunjungan kerja ang­gota DPRD Padang ke luar daerah. (hen)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional