Menu

Peringati Ulang Tahun ke-59 dengan Sederhana, Bank Nagari Terus Berinovasi untuk Negeri

  Dibaca : 403 kali
Peringati Ulang Tahun ke-59 dengan Sederhana, Bank Nagari Terus Berinovasi untuk Negeri
ULANG TAHUN— Direktur Utama Bank Nagari M Irsyad dan Komisaris utama Hamdani serta jajaran direksi dan komisaris berfoto bersama jelang pemotongan kue hari ulang tahun ke-59 bank kebanggaan Sumbar itu, Jumat (12/3).

PADANG, METRO
Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumbar atau Bank Nagari peringati hari jadinya yang ke-69, Jumat (12/3) dengan sederhana. Upacara dengan peserta terbatas serta pemotongan kue yang juga digelar dengan protokol kesehatan ketat digelar di Kantor Pusat Bank Nagari, Jalan Pemuda, Kelurahan Olo, Padang Barat, Kota Padang.

Direktur Utama Bank Nagari Muhamad Irsyad memimpin dua acara tahunan tersebut. Semua direksi, komisaris, pemimpin divisi, pemimpin cabang dan karyawan yang terbatas mengikuti upacara bendera yang dimulai pukul 06.30 WIB. “Ini hari bersejarah bagi Bank Nagari yang dalam perjalanannya mampu melalui berbagai tantangan, sehingga tetap bertumbuh dengan baik sampai saat ini,” kata Dirut dalam amanatnya.

M Irsyad menyebut, semangat HUT Ke-59 dipadukan melalui tema “Inovasi untuk Negeri. ”Temayang menyiratkan makna  inovasi yang berarti ide baru dalam bingkai perubahan menjadi lebih baik yang berkontribusi untuk pembangunan negeri.

“Alhamdulillah, capaian kinerja dan indikator keuangan 2020 dapat kami sebutkan baik. Total aset Rp25,70 triliun, tumbuh Rp1,26 triliun atau 5,08% dengan capaian target sebesar 104,39%,” kata M Irsyad yang dalam tugas  dibantu Direktur Operasional Syafrizal, Direktur Kredit dan Syariah Gusti Candra, Direktur Keuangan Sania Putra dan Direktur Kepatuhan Restu Wirawan.

Selanjutnya, sebut M Irsyad, total kredit/pembiayaan yang disalurkan mencapai Rp19,54 triliun, tumbuh Rp610,13 miliar atau 3,22% (YoY) dengan capaian target 100,68%. Total dana  pihak ketiga (DPK) Rp20,41 triliun, tumbuh Rp929,5 miliar atau  4,77%. Dengan capaian target 1 03,69%. Lababersih Rp332,70 miliar dengan pencapaian target 129 88%. ”Beban CKPN (cadangan kerugian penurunan nilai) Rp196,67 miliar, meningkat Rp104,46 miliar atau tumbuh 113,30%. Merupakan upaya memperkuat buffer risiko kredit sesuai komitmen Bank dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan),” katanya.

M Irsyad menjelaskan, rasio keuangan CAR 19,67%, dengan pencapaian sebesar 100,18%, NPL 2,89%, lebih rendah dari tahun sebelumnya, ROA 1,68%, ROE 11,33%, NIM 6,19%, BOPO 85,05%, LDR sebesar 95,76%, CASA 43,79%. Tingkat Kesehatan Bank (TKB) tetap berada pada Peringkat Komposit 2 atau sehat.

“Bank Nagari tetap mempertahankan posisi sebagai market leader di perbankan Sumbar dengan market Share Kredit mencapai 36,10% dan masih mendominasi pangsa Kredit di Sumbar. Marketshare DPK mencapai 43,98% dan masih mendominasi pangsa DPK di Sumatera Barat,” kata alumni Fakultas Pertanian Unand ini.

Untuk perkembangan Kinerja Unit Usaha Syariah (UUS) selama 2020, aset mencapai Rp2,32 Triliun, tumbuh Rp583,69 miliar atau sebesar 33,65% (YoY). Pembiayaan mencapai Rp1,58 triliun, tumbuh Rp73 miliar atau 4,83% (YoY). DPK mencapai Rp2,09 triliun, tumbuh Rp560,24 miliar atau sebesar 36,56% (YoY). Laba bersih Rp38,92 miliar.

Bertabur Penghargaan
M Irsyas menyebut, di tengah pandemi, 2020 Bank Nagari menerima berbagai penghargaan. Seperti Perbankan Terbaik I Kategori Pelaksanaan Perluasan Quick Respon Indonesian Standard (QRIS) dari Bank Indonesia. Sebagai Bank Syariah Regional Terefisien Kelompok UUS BPD dari Media Republika. Perbankan Terbaik Kategori Kepatuhan Pelaporan pada Aplikasi Bank Indonesia Sistem informasi layanan Kas (Bislik) dari Bank Indonesia.

“Penghargaan atas Peran Serta Dalam Terciptanya Tertib Administrasi Iuran, Pemuthakhiran Data dan Penggunaan Aplikasi BPJSKU dari BPJS Ketenagakerjaan. Penghargaan sebagai Perusahaan yang menyalurkan Dana CSR melalui GN Lingkaran untuk 6.000 Guru Honorer di Sumbar dari BPJS Ketenagakerjaan,” katanya.

M Irsyad mengatakan, capaian kinerja ini tentunya merupakan hasil dari kontribusi dan sinergi semua pihak mulai dari dewan  komisaris, direksi,  pemimpin divisi, pemimpin cabang serta seluruh pejabat dan karyawan/karyawati Bank Nagari. ”Terima kasih yang sebesar-besarnya juga kami sampaikan kepada nasabah dan masyarakat yang telah mempercayakan kebutuhan jasa dan layanan perbankannya kepada Bank Nagari. Capaian ini akan semakin memacu semangat kita untuk meningkatkan kinerja,” katanya.

Kembangkan Produk
M Irsyad menyebut, trend menuju era digital banking sebagaimana yang sudah disebutkan di atas,  seiring juga dengan meningkatnya pengguna smart phone dan jaringan internet. Untuk itu  strategi signifikan yang sedang dan terus dikembangkan Bank Nagari kedepan adalah  memperkuat kemampuan dan kehandalan teknologi sebagaimana tertuang dalam rencana bisnis dan Corporate Plan  Bank.

“Bank Nagari sejak beberapa tahun terakhir telah memiliki Core Banking 7 x 24 Jam dan telah mengembangkan berbagai produk dan layanan digital antara lain Nagari Mobile Banking, Nagari Cash Management, Nagari Auto Debet, Nagari SMS Banking & Notifikasi, Nagari Virtual Account, Nagari Portal Payment, Nagari Auto Debet, Nagari Kartu Debit GPN, Nagari EDC, Nagari Money, Nagari QRIS, Nagari Laku Pandai, Nagari SP2D Online, Nagari E-Retribusi, Nagari Samsat Online dan berbagai layanan digital lainnya,” katanya.

Dia menegaskan, saat ini Bank Nagari juga akan lounching beberapa produk dan layanan diantaranya Sikoci Umroh, Sikoci Qurban, Tahari Junior dan  APN (Asean Payment Network), dimana kartu debit Bank Nagari dapat diakses di Malaysia, Thailand, dan Korea Selatan atau sebaliknya.

“Dalam Perayaan HUT kali ini, Bank Nagari melaksanakan serangkaian acara berupa program Bank Nagari Peduli dengan pembagian sembako untuk masyarakat dilingkungan kantor Pusat Bank Nagari, melaksanakan kegiatan donor darah, dan kunjungan ke panti asuhan. Kegiatan ini merupakan sosial empati Bank Nagari di masa pandemi Covid-19,” katanya.

Untuk pelaku UMKM yang usahanya terdampak covid-19, katanya, Bank Nagari juga memberikan relaksasi berupa restrukturisasi kredit/pembiayaan dalam bentuk perpanjangan jangka waktu, hingga penundaaan angsuran, disamping itu Bank Nagari juga menjalankan program pemerintah dengan memberikan stimulus dalam bentuk subsidi bunga.

“Untuk melindungi para tenaga medis yang berada di garda terdepan penanganan Covid-19 serta kelompok masyarakat lain yang berisiko tinggi terjangkit, Bank Nagari ikut serta membantu tenaga medis dengan memberikan bantuan berupa Alat Pelindung Diri, dan alat-alat penunjang lainnya,” katanya.

Khusus tentang Konversi Bank Nagari menjadi Bank Umum Syariah, katanya, prinsip Syariah merupakan konsep yang mengatur kehidupan manusia secara UNIVERSAL, oleh karena itu Bank Syariah cocok bagi semua golongan. ”Untuk itu mari kita memberikan pelayanan yang lebih baik agar Bank Nagari tetap berkembang,” katanya.

M Irsyad berharap kepada seluruh pengurus, pejabat dan karyawan/karyawati serta pensiunan untuk bersama-sama memperkuat komitmen dan bersinergi demi kemajuan bank yang kita cintai ini. “Marilah kita jadikan hari yang bersejarah ini sebagai momen untuk generasi mendatang yang lebih baik,” katanya. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional