Close

Peringati HUT ke-59, Bank Nagari Gelar Donor Darah

DONOR DARAH— Donor darah yang digelar Bank Nagari bersama PMI di gedung Dana Pensiun Bank Nagari, Padang, Rabu (10/3). Tampak dalam gambar, Direktur Kepatuhan Restu Wirawan tengah mendonorkan darahnya.

PEMUDA, METRO
Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumar atau Bank Nagari bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) kembali menggelar kegiatan donor darah, Rabu (10/3). Acara merupakan rangkaian aksi sosial Bank Nagari dalam memperingati HUT-nya yang ke-59.

Kegiatan donor darah yang digelar di gedung Dana Pensiun Bank Nagari ini diikuti secara antusias oleh karyawan Bank Nagari, nasabah Bank Nagari dan masyarakat setempat.

Pemimpin Divisi Sekretaris Perusahaan Bank Nagari, Idrianis, di sela-sela kegiatan donor darah tersebut menuturkan, acara tersebut merupakan kepedulian Bank Nagari terhadap kesehatan masyarakat dan membantu PMI dalam memenuhi kebutuhan stok darah di Padang. “Kegiatan donor darah yang diselenggarakan Bank Nagari ini semoga bisa membantu PMI untuk ketersediaan darah,” katanya.

Idrianis berharap kegiatan ini menjadi berkah untuk Bank Nagari serta berguna bagi masyarakat yang sedang membutuhkan darah. Kegiatan donor darah juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan HUT Bank Nagari ke 59 yang jatuh pada tanggal 12 Maret 2021.

Selain kegiatan donor darah, sebelumnya Bank Nagari juga telah membagikan 1.348 paket sembako sebagai bentuk kepedulian perusahaan kepada warga kurang mampu dari segi ekonomi. Kemudian, perayaan HUT Bank Nagari rencananya akan digelar secara sederhana karena masih dalam suasana pandemi dan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Sementara itu, anggota PMI Dr. Dian Afmareta mengatakan syarat menjadi pendonor dimasa pandemi hampir sama dengan syarat donor sebelum pandemi, namun sebelum melakukan donor, dokter akan bertanya apakah sebelumnya pernah swab atau belum.

Jika sudah melakukan swab dan belum menerima hasil maka belum boleh ikut donor. Bagi hasil swab negatif namun sebelumnya pernah memiliki gejala dan masih dalam rentang satu bulan menerima hasil swab negatif maka bisa melakukan donor plasma.

Sementara bagi yang sudah lama ikut swab boleh menjadi pendonor. Sebelum ditanyai oleh dokter, calon pendonor diminta mengisi form terlebih dahulu kemudian diperiksa tekanan darah, normal tekanan darah minimal 110, atau 160 untuk hipertensi dan Hb minimal 12,5 sampai batas 17.

Dian bersyukur karena setiap HUT, Bank Nagari selalu rutin melaksanakan kegiatan donor darah dengan peserta yang cukup banyak dan bisa membantu PMI apalagi saat pandemi. “Saat pandemi ini otomatis stok kita jauh berkurang karena masyarakat pada takut untuk melakukan donor darah keluar. Saya berharap ke depan kegiatan donor darah ini tetap berjalan dan pesertanya semakin banyak,” jelasnya.

Sementara itu, Dirut Bank Nagari M Irsyad mengungkapkan, donor darah dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Bank Nagari yg ke 59. Donor darah ini merupakan kegiatan sosial yg rutin dilaksanakan setiap tahunnya namun pada tahun 2020 tidak dilaksanakan karena telah diberlakukannya PSBB dalam rangka menekan angka penyebaran covid-19.

Pelaksanaan donor darah pada tahun 2021 dilaksanakan dengan menerapkan protokol covid-19. Dimana dilaksanakan di gedung Dana Pensiun PT BPD Sumatera Barat dengan jumlah peserta donor sebanyak 69 peserta. Diharapkan setiap darah yang diberikan bermanfaat bagi yang membutuhkan karena setiap tetes darah sangat berharga. (rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top